#3 Siasat Jenius Ketika Berbuka

Bismillah

Ramadhan pertama dilalui dengan semangat oleh Kardon. Dia ingin ramadhan kali ini sebisa mungkin tidak ada amalan yang terlewatkan. Berangkat kerja dia niatkan ibadah, sehingga selama berada di kantor, aktivitasnya bernilai ibadah yang akan dilipatgandakan pahala nya selama ramadhan kali ini. Hari ini Kardon akan bekerja dari pagi hingga sore, ada tugas kantor yang harus dia jalani. Karena itulah, Kardon membuat spesial request ke istrinya untuk dibuatkan bekal buka puasa gorengan pisang dan pempek kesukaan nya. Rencana nya bekal buka akan diambil nanti sore oleh pak Salih, office boy kantor.

Siang hari nya, kardon sholat berjamaah di Masjid dan mengikuti ceramah khusus bada dhuhur selama ramadhan. Kebetulan tema yang dibawakan ustadz siang ini bertepatan dengan misi Kardon yaitu amalan-amalan mengisi bulan ramadhan. Ustadz menjelaskan banyak amalan untuk mengisi ramadhan mulai dari membaca Al Quran, sholat tarawih, dzikir sampai memberi makana buka pada orang yang berpuasa. Kardon sangat tertarik dengan ceramah ustadz berjenggot lebat dan berkacamata tersebut. Dia mendengar dengan seksama setiap penjelasan ustadz dimana beberapa orang yang hadir di majelis tersebut terangguk angguk kepala nya karena mengantuk.

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR Tirmidzi). Hadits ini singkat, tetapi makna nya sungguh luar biasa. Kita bisa mendapatkan pahala dua kali lipat pahala puasa dengan memberi makan satu orang untuk berbuka puasa. Al Munawi rahimahullah dalam faidhul qodir menjelaskan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air (1). Jelas sang ustadz singkat tapi jelas. Kardon menyimak dengan seksama.

Setelah kajian berakhir, Kardon bertemu dengan Madmur di jalan. Penjelasan ustadz tadi bagus ya? singkat tapi jelas. sapa Kardon. iya bro. sahut Madmur. Bro, nanti lo buka puasa dimana? tanya Kardon. Di kantor, kenapa? jawab Madmur. Ntar ke ruangan gue ya sebelum buka, ane kasih sesuatu. Minta Kardon. Oke sahut madmur. dan mereka pun berpisah.

Siang harinya, Kardon minta istrinya membuat gorengan puasa dan pempek lebih banyak. Dia berencana memberi buka pada teman-teman kantor yang lembur, meskipun dengan sepotong pisang goreng dan pempek. Tidak terasa, detik jam berlalu dengan cepat. Sore hari telah tiba, pisang goreng dan pempek sudah diambil Salih dan berada di meja Kardon. Saat itu yang ada di ruangan adalah Makmun dan Kardon saja, karyawan lain pulang dan memilih buka bersama keluarga. 15 menit sebelum bedug maghrib, Kardon memanggil Madmur agar ke ruangan nya. Mur, hari ini makanan pembuka puasa gue kasih ya? Kardon menelepon Madmur. Oke bro sahut Madmur di ujung telepon. Madmur pun datang ke ruangan Kardon dengan membawa sekotak kurma.

Don, lu pingin ngamalin ceramah ustadz tadi siang ya? tanya Madmur. Iya nih. hehe Jawab Kardon sambil tertawa. Gue juga pingin ngamalin tuh ceramah, alhamdulillah, dengan memberi buka puasa satu orang kita dapat pahala puasa penuh tanpa ngurangin pahala puasa kita. Beber Madmur. Nah, kalo gitu kita simbiosis aja gimana? Kardon menyahut. Simbiosis gimana? Madmur heran. Lu makan buka puasa pempek yang gue bawa, gue makan kurma yang lu bawa. Jelas kardon. Wah Jenius juga lu. hehe sahut Makmun yang tiba-tiba nimbrung obrolan mereka berdua. Kebetulan gue ga pesen buka puasa tadi, jadi biar kalian pahala nya nambah lagi, gue ikut makan pempek ama kurma ya? Lanjut Makmun. Pinter juga lu Mun, tau aja kita lagi berlomba-lomba nyari pahala selama ramadhan ini. Sahut Madmur.

Oke bedug telah terdengar, kita buka dulu yuk. Kardon menyodorkan pempek nya ke Madmur dan makmun. Nih Kurma nya, makannya ganjil aja biar nyunnah balas madmur sambil menyodorkan kotak kurma. Jangan lupa berdoa buka puasa ya.. dzahabd dhomaau wa tsabatal ajru insya Alloh. lanjut Madmur.

Lho bukan Allohumma laka shumtu ya? tanya Makmun. Hadis shahih nya yang dzahabad dhomaau. kalau yang Allohumma laka shumtu, wallohu’alam gue ga kompeten menanggapi nya. sudah jangan diperdebatkan hal itu. Nikmati aja buka puasa ini Balas Madmur. Oke bro udah keganjel nih perut, ayo sholat jamaah maghrib ajak Kardon.

Bro, next time kita kirim makan ta’jil ke masjid Nurul Hikmah yuk? disana kan belum ada ta’jilan. Peluang pahala tuh. Ajak Makmun sambil berjalan menuju musholla kantor. oke lah kalo begono jawab Madmur dan kardon.

—–

Semoga bermanfaat

 

(1) Dari artikel Pahala Melimpah di Balik Memberi Makan Berbuka — Muslim.Or.Id by null

2 thoughts on “#3 Siasat Jenius Ketika Berbuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s