#1 Triple S (SalSenSal)

Bismillah

Sisa-sisa hujan tadi malam di hangatkan sinar mentari sehingga pagi ini terasa sejuk dan membuat tiap orang bersemangat berangkat kerja. Begitu pula Kardon, seorang pegawai BUMN yang bertanggung jawab menyediakan listrik di pulau Jawa. Hari ini Kardon berangkat menggunakan sepeda motor Megapro tua yang lama nongkrong di garasi rumah nya, sekalian manasin mesin katanya pada istrinya waktu berangkat.

Makmun adalah seorang pegawai BUMN di tempat Kardon bekerja, mereka satu ruangan dan hampir setiap hari bertemu. Makmun dan Kardon  berasal dari daerah yang sama jauh di luar pulau Jawa sana. Dulu mereka satu kampus dan sekarang kerja satu kantor, jadi mereka lumayan akrab.

Halo Bro Makmun, pagi ini cerah banget ya padahal semalem ujan nya lumayan sapa Kardon di pintu gedung. Halo juga Don, iya nih semalem dingin nya mantap, tidur pun jadi enak dan nyenyak sapa makmun juga sambil ngerdipin mata. Dalam perjalanan menuju ruangan mereka bertemu Madmur, seorang pegawai yang juga bekerja di BUMN Listrik tersebut . Halo Mur, sapa Kardon. Eh Kardon, Assalamu’alaikum dulu dong kita sapa Madmur dengan tersenyum sambil menyalami keduanya. Eh iya Wa’alaikumus salam jawab mereka berdua juga sambil tersenyum.

Alhamdulillah, pagi-pagi kita dah nambah pahala  ujar Madmur. Lho kok bisa? tanya Makmun. Iya bro, ternyata dalam islam ini banyak sunnah yang diajarkan Rasul SAW ketika kita bertemu saudara lho. Mengucapkan salam itu adalah sunnah, ada hadits meriwayatkan kalau kita mengucapkan Assalamu’alaikum itu senilai 10 pahala, kalo lebih panjangan dikit Assalamu’alaikum warohmatulloh itu bernilai 20 pahala, nah yang afdhol ne ngucapin nya lengkap Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarakaatuh! kita dapat 30 pahala (1). Begitu pula bagi yang menjawab salam tersebut. Lumayan kan? Dapat pahala setiap ketemu muslim? coba bayangin kalo ketemu 1000 orang dan kita ucapin salam, itung sendiri dah pahalanya. Belum kalau tiap kali kita sms ato telepon dengan dimulai salam, tambah banyak deh itungannya hehe, Madmur menjelaskan kepada kedua orang teman nya tersebut sambil bercanda.

Iya ya, sebenernya gue juga tahu sih hal ini, tapi gue aja yang males ngucapin nya. Aduh, betapa rugi nya gue selama ini ya, peluang dapat pahala gampang terlewat melulu. Kita ini terlalu banyak ngadopsi salam nya orang non muslim sih.. kan sama aja energi yang dikeluarin ketika ngucap selamat pagi ama Assalamu’alaikum? tapi nilai ibadah nya beda.. thank you sob di ingetin. Ujar Kardon sambil nepuk pundak Madmur.

Bener bro, dan jangan lupa senyum dong waktu ketemu orang, senyum ini kan juga sunnah nabi? bahkan senyum kita pada saudara muslim adalah salah satu bentuk shodaqah lho (2). timpal Makmun sambil tersenyum memamerkan gigi nya yang putih. Iya, tapi jangan senyum sembarangan, nanti dikira ada gangguan di jiwa. hehe timpal Kardon, Yoi bro, dan juga jangan senyum-senyum gak jelas pada wanita yang bukan muhrim, dilarang agama, nanti ke geer an tuh wanita. timpal Madmur gak mau kalah. Mereka pun tertawa.

Oh ya bro madmur, kalau salaman gimana? ada hadits nya gak? tanya Kardon. Ada bro, seinget ane nih Rasul pernah bersabdaTidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.“ (3). Jadi ga ada salah nya kita juga berjabat tangan kalau bertemu. Tapi ingat ya, jabat tangan dengan muhrim aja. jangan ama yang non-muhrim. Jelas Madmur panjang lebar.

Tidak terasa, mereka sudah sampai di pintu ruangan. Kalau ketemu saudara sesama muslim ingat triple S ya, Salam, Senyum, Salaman. Ujar Madmur. Oke bro laksanakan sahut kardon,  mereka pun masuk ruangan sambil mengucapkan Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarakaatuh dan berjabat tangan dengan setiap orang yang ada di ruangan.

Ah.. islam ini ternyata mudah dan indah, gumam Makmun.

Kalau sudah tahu ilmu nya (dalil nya) insya Alloh meskipun tidak hafal dalil nya tapi kalau kita niatkan ibadah, perbuatan kita tadi termasuk ibadah

1. hadits dari ‘Imran bin Hushain radiallau ‘anhu, ia berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucapkan , ‘Assalaamu’alaikum’. Maka dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia duduk, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sepuluh’. Kemudian datang lagi orang yang kedua, memberi salam, ‘Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaah.’ Setelah dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ia pun duduk, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Dua puluh’. Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan salam: ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baraakaatuh’. Maka dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia pun duduk dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tiga puluh’.” (Hadits Riwayat Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 986, Abu Dawud no. 5195, dan At-Tirmidzi no. 2689 dan beliau meng-hasankannya). sumber 1

(2) “Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah.” (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). sumber 2

(3)  sumber 3

Alhamdulillah, cerita pertamax.

ditunggu komen nya gan, terutama kritik dan saran. makasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s