Bola Karet Kuning

Bismillahirrohmaniir rohiim

Beberapa waktu lalu saya pergi ke mall bersama anak istri untuk belanja bulanan
Karena kami datang 15 menit sebelum ashar, maka kami memutuskan untuk sholat ashar dulu secara bergantian. Istri sholat, saya dan Naf menunggu di gramedia sambil baca buku.

Saat sedang membaca, tiba-tiba ada bola karet kuning seukuran bola sepak menghantam kepala saya. Oh,, ada anak kecil usia 6 tahunan sedang bermain, dia menendang bola tersebut sekuat tenaga hingga bolanya melayang dan mengenai kepala saya .

Saya pun tersenyum ke dia, “lain kali maennya hati-hati ya dek”, ucap saya. Ternyata bapak anak itu ada di sebelah saya, dia juga sedang membaca. “Adek, stop it. Jangan main bola disini” ujarnya dengan nada tinggi. Sang anak pun menjauh ke bagian kasir. Dan sang bapak juga menjauh dari saya tanpa ada kata maaf dari mulutnya, he just.. go away.

3 menit kemudian, anak kecil tadi mendekat ke saya dan dengan malu-malu berkata pelan, “om, sorii ya”. Saya pun membalasnya dengan senyuman. Dan dia langsung pergi lari, main lagi. Mata saya melihat sekeliling mencari ayah sang anak, dan ternyata dia masih sibuk membaca di tempat yang agak jauh dari saya

Sebagai orang tua, kita seharusnya bertanggung jawab penuh atas perilaku anak karena perilaku anak adalah hasil didikan orang tua. Umumnya, orang tua akan sangat bangga mengklaim prestasi anak saat sang anak jadi juara adalah buah kerja kerasnya dalam mendidik. Tetapi di sisi lain, banyak orang tua yang tidak siap bertanggung jawab atas kesalahan anak dan cenderung menyalahkan sang anak. Hal ini secara teori merupakan salah satu kesalahan dalam mendidik anak. Perlu diingat anak itu adalah the best imitator,  dan saya tidak akan kaget jika mungkin nanti sang anak tadi menjadi seorang yang cuek, pemarah dan egonya tinggi.

Ah.. Saya harus banyak belajar lagi buat ngedidik si Naf.. Lingkungan jaman sekarang sudah sebegininya…

#Lets make Indonesia stronger from home

#quu anfusakum wa ahliikum naar

1136

gambar dari google

Tinggalkan Balasan

