Life is Value

Bismillahirrohmaniir rohiim

“Akhi, kalau antum ingin menjadi seorang pengusaha, jadilah pengusaha yang mempunyai value yang membedakan antum dengan pengusaha lain”

Kalimat ini saya dapatkan saat saya bersilaturahim ke seorang kawan di daerah Gunung Puntang, Bandung. Sebut saja namanya mas Irwan. Mas Irwan ini masih berusia 22 tahun dengan 2 anak, yang sedang merintis usaha di bidang agrobusiness. Dia mempunyai brand Kopi Puntang dengan jargon “pantang pulang tanpa kopi puntang”.🙂

Saya tidak menulis tentang mas Irwan disini, tetapi kata-kata mas Irwan  selalu terngiang di telinga saya, berputar-putar di pikiran. Meminta untuk diresapi lebih dalam maknanya. Saya memang bukanlah pengusaha seperti mas Irwan. Saya seorang pekerja kantoran. Tetapi kata-kata “value” itulah yang menarik bagi saya.

Menurut kamus oxford, value diartikan sebagai . The regard that something is held to deserve; the importance, worth, or usefulness of something” . Disisi lain, (mungkin) beberapa dari kita memahami value adalah angka-angka yang identik dengan rupiah seperti definisi lain dari oxford : “The numerical amount denoted by an algebraic term; a magnitude, quantity, or number”:

Jika membaca Value yang disebutkan mas Irwan diatas, maka value bisa diartikan dengan jumlah penghasilan tiap hari bukan? Misalkan ada serats pengusaha kopi di Bandung, maka yang membedakan seratus pengusaha tersebut adalah berapa omzet mereka per hari? apakah termasuk pengusaha bermozet puluhan juta kah? ratusan ribu kah? atau puluhan ribu?

BUKAN. Ternyata bukan itu value yang dimaksud, kalau kita berbisnis atau bekerja hanya memikirkan tentang angka-angka rupiah maka value kita hanya sebatas angka. Tetapi ada value yang lebih dari sekedar angka-angka, yang membedakan kita dengan orang lain. Sesuatu yang tidak bisa dikonversi dengan rupiah. Sesuatu yang membuat kita merasa dibutuhkan orang lain, sesuatu yang ingin kita dapatkan, sesuatu yang membuat kita berguna bagi lingkungan sekitar, sesuatu yang membedakan derajat seorang Hamba di hadapan Rabbnya.

Contoh : Seorang pengusaha kopi, boleh jadi omzetnya lebih kecil dari pengusaha lain. Tetapi jika pengusaha kopi ini adalah seorang hafidz Quran atau imam masjid di daerahnya, maka itulah value yang membedakan dia. Contoh lain, Value seorang yang penghasilannya kecil tetapi sedekahnya 10%  itu, lebih tinggi dibanding yang berpenghasilan besar dengan sedekah  2,5%.  Value bagi seorang muslim bukanlah bertambahnya angka-angka rupiah, tetapi sesuatu yang membuatnya bernilai lebih di hadapan Rabbnya.

Pikiran saya sejenak terbang ke Gaza yang terkenal dengan izzudin al qassam nya. Pasukan tempur yang gigih mempertahankan tanahnya dari serbuan zionis la’natullah. Menurut info yang saya dapatkan, pasukan yang identik dengan tutup muka ini ternyata berasal dari berbagai kalangan profesi, mulai dari tukang sampah, guru, insinyur sampai perdana menteri.  Mereka bekerja di siang hari untuk menghidupi keluarganya, dan  menyandang senjata berjaga di perbatasan pada malamnya. Untuk diketahui bersama, salah satu syarat menjadi bagian pasukan khusus ini adalah hafidz quran.

Subhanalloh, betapa banyak insinyur di dunia ini, mungkin ratusan juta. Penghasilannya pun berbeda-beda sesuai kadar rizki yang telah Alloh tetapkan. Lalu apa value yang membedakan ratusan juta insinyur tersebut? Rumah mewahnya kah? Jumlah mobilnya kah? ataukah Derajat dihadapan Rabbnya? (for your information, i am an engineer and i’m warned now)

Mulailah berbuat sesuatu dalam hidup ini, Tentukan value yang ingin didapatkan. Jika tidak bisa melakukan sesuatu yang besar, maka awalilah dengan yang kecil.

Hidup adalah perbuatan, tidak cukup hanya direnungkan. Life is Value, Action!

——————-

2

Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya).” (Ahmad, Al-Hakim, dan Al-Bazzar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s