Visi Misi, pentingkah?

Bismillahirrohmanirrohiim

Sobat, pernahkah kalian membayangkan akan berlayar di lautan? ketika jangkar diangkat, layar dikembangkan kalian akan terapung di hamparan samudra biru. Setelah di tengah samudra, kalian tidak tahu kemana kalian akan berlabuh? kalian hanya berlayar mengikuti angin berhembus. Oke kalau angin membawa kalian ke daratan, kalau angin hanya mengombang-ambing kapal di samudra sampai kalian kehabisan bekal makanan?

Begitulah orang yang dalam mengarungi bahtera kehidupannya tanpa visi, tanpa tujuan yang jelas. Visi dalam bahasa sederhana adalah tujuan atau cita-cita mau seperti apa kita nanti. Ibarat berlayar, visi adalah tujuan pelayaran misalnya mengelilingi dunia dalam 10 bulan. Visi sangat penting bagi suatu organisasi yang berisikan orang-orang dengan karakter dan keahlian yang berbeda. Adanya visi ini dapat menyatukan tujuan orang-orang tersebut dengan peran nya masing-masing dalam mencapai visi.

Sedangkan misi adalah langkah-langkah, strategi-strategi yang disusun untuk mewujudkan visi. Dalam berlayar yang visinya adalah mengelilingi dunia dalam 10 bulan, maka misi-misi nya adalah mempersiapkan kapal dan awak kapal yang tangguh, mempersiapkan bahan makanan dan bahan bakar yang cukup sebelum berlabuh di pelabuhan pertama, membuat dokumentasi sepanjang perjalanan, bulan pertama sudah sampai di pelabuhan A untuk mengisi bahan bakar dan bahan makanan, bulan kedua sudah sampai di pulau B dan seterusnya sampai bulan kesepuluh kembali ke Indonesia dengan seluruh awak kapal selamat.

Begitu pentingnya visi misi sehingga pada setiap organisasi pasti memiliki visi misi yang jelas. Visi harus dibuat oleh pemimpin organisasi  dan manager menyusun misi-misi untuk mewujudkan visi. Ibarat suatu pertunjukan orkestra, untuk menghasilkan simfoni yang bagus, seluruh pemainnya harus berharmonisasi dalam membawakan lagu yang diinginkan.

Hal ini, juga berlaku dalam ikhtiar membangun miniatur organisasi dalam kehidupan, rumah tangga. Jika (calon) suami dan (calon) istri tidak mempunyai visi misi yang sama, bisa ditebak kapal mereka akan oleng tidak tentu arah, harmonisasi orkestra mereka tidak akan menghasilkan simfoni yang indah.

Jadi pentingkah visi misi itu? bagi saya, iya!

7 thoughts on “Visi Misi, pentingkah?

  1. Dua orang kembar identik saja pasti punya perbedaan baik secara fisik ataupun visi dan misi dalam kehidupan mereka. Apalagi dua orang yang dilahirkan bukan dari rahim yang sama dan mempunyai latar belakang keluarga, pendidikan, dan lingkungan yang berbeda. Pasti punya visi dan misi yang tidak sama persis. Bagaimana kriteria minimal persamaan dan maksimal perbedaa soal visi dan misi dari (calon) suami dan (calon) istri agar rumah tangga yang dijalani punya tujuan yang jelas dan bisa stabil hingga sampai tujuan akhirnya dan bisa menjadi keluarga yang bahagia, Sakinnah ma Waddah wa Rohmah?

    • Itulah kalo dalam organisasi, harus ada rapat untuk menyamakan visi misi. Meskipun sudah pada tau bunyi visi misi yang dibuat boss, tapi Jangan sampe visi misi tsb diterjemahkan berbeda oleh para komponen organisasi. Kalo istilah dalam ikhtiar mencari pasangan, ya sesi ta’aruf itu. Kedua belah pihak harus bisa saling meyakinkan satu dan yang lain. (Panjang ya? Hehe)

  2. Subhanallah,,,setelah menimbang, menelaah, mengkaji, dan menilai tulisan ini ( yg tenyata sudah ana baca 4x!!! ), banyak yg ana ambil hikmahnya. Sangat menginspirasi,,, sadar gak sadar ana mulai menjabarkan visi dan misi setelah baca tulisan ini,, dan masya Allah ternyata banyak sekali. Hihihi,,^^
    Jzakallah ilmunya akhi,,, semoga di ke depan makin terarah. Doakan ana yah akhi,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s