Bahan Haram Menurut Syari’at Dalam Makanan (#1)

Bismillah

Semoga kita senantiasa dijaga Alloh dari sesuatu yang haram masuk ke tubuh kita.

Setiap kali ada peredaran bahan makanan yang mengandung BABI di pasaran, umat islam pasti heboh. setelah dulu heboh kisah ajinomoto, dilanjut dengan masako, lanjut lagi es krim magnum dan yang mutakhir adalah kasus bakso Sapi plus Babi. Memang makanan haram bagi umat islam tidak boleh masuk ke tubuh, banyak hadits dan juga Al Quran yang menegaskan hal ini. AKibat makanan haram masuk ke tubuh pun tidak main-main, mulai dari daging yang tumbuh akibat makanan haram adalah bahan bakar neraka kelak di akhirat, do’a tidak dikabulkan dan hidup tidak berkah.

Karena begitu dahsyat efek makanan haram ini, kita umat muslim harus waspada dan hati-hati pada makanan yang masuk ke tubuh kita.  Saat ini, di pasaran banyak beredar produk (dan bahan baku penyusun) makanan, obat, kosmetika yang diragukan kehalalannya menurut syariat Islam. Apabila mengacu pada beberapa ayat dalam Kitab Suci Al Qur’an (QS. 2 : 219, 2 : 172-173, 5 : 3, 5 : 90, dll) dan Hadis Nabi SAW, maka beberapa di antaranya dipastikan jelas-jelas haram.

Beberapa produk dan atau bahan baku (ingredient) penyusun produk makanan, obat, dan kosmetika tersebut di antaranya adalah :

1. Ang ciu

angciuAng ciu sering sekali dipakai dalam mengolah Sea Food (masakan ikan), Chinese Food (masakan Cina), Japanese Food (masakan Jepang), Bakmi ikan, Bakso ikan, dll. Ang ciu ini bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada masakan ikan sekaligus mampu mempertahankan aroma ikannya. Istilah dalam bahasa Inggris untuk ang ciu ini bermakna Red Wine dan dalam bahasa Indonesia berarti anggur merah/arak merah. Oleh karena merupakan arak (wine), maka dipastikan ang ciu ini haram dikonsumsi oleh orang Islam. Produk lain yang memiliki fungsi mirip ang ciu adalah arak putih (peng ciu), arak mie, arak gentong, sake, mirin, sari tape, dll. Semua jenis arak ini diharamkan krn memiliki sifat khamr (memabukkan).

2. Emulsifier/stabilizer : E470, E471, E472, E473, E474, dan E475

kopi-luwak-white-koffieEmulsifier banyak jenisnya. Yang cukup terkenal dan sering dipakai adalah Lesitin dan beberapa produk lain yg menggunakan kode awalan E (E-numbers; Exxx). Telah diketahui oleh banyak ilmuwan di bidang pangan, bahwa E470-E475 adalah emulsifier & stabilizer turunan ASAM LEMAK. Karena mereka adalah turunan asam lemak, maka status kehalalannya tergantung asal lemak yang dipakai. Apabila berasal dari lemak nabati (tanaman), maka ia HALAL dimakan. Namun, jika ia berasal dari lemak babi atau lemak hewan halal yg tidak disembelih secara syar’i, maka statusnya HARAM dikonsumsi. Kandungan bahan haram (senyawa turunan babi) pada emulsifier/stabilizer bisa pula dicek menggunakan berbagai perangkat analisis kimia, seperti : Polymerase Chain Reaction (PCR), Gas Chromatography – Mass Spectrum (GC MS), Fourier Transform Infra Red (FTIR), dll. perangkat-perangkat analisis tsb cukup efektif dalam mendeteksi kandungan babi dalam suatu bahan. Hampir dapat dipastikan apabila suatu bahan makanan mengandung babi, maka tidak akan dapat lolos karena yang dideteksi adalah DNA babi. Catatan : apabila sebuah produk makanan/minuman/bumbu masakan menggunakan emulsifier dgn kode E470-475, namun telah disertifakasi halal oleh auditor halal LPPOM MUI, maka telah dipastikan bahwa emulsifier yg bersangkutan adalah berasal dari bahan halal.

 3. Lesitin

Lesitin merupakan salah satu bahan pengemulsi makanan. Bahan ini dapat berasal dari bahan nabati (tumbuhan) dan dapat pula dari bahan hewani. Bahan nabati yang paling sering dipakai dan disukai karena kualitasnya adalah kedelai, sehingga digunakan istilah Soy Lechitine atau Soya Lecithin (Soja Lecithin). Bahan hewani yang paling sering dipergunakan adalah dari babi. Di samping karena kualitasnya yang paling baik, juga karena harganya relatif murah.

imagesHasil produk makanan yang menggunakan lesitin babi sangat bagus, rasanya gurih, nikmat, teksturnya lembut/lunak, dll. Oleh karena teknologi makanan (bakery, dll) sudah sedemikian maju, maka apabila lesitin yang dipakai oleh suatu perusahaan berasal dari kedelai, maka mereka tidak akan mau ambil resiko produknya tidak akan laku dijual (dihindari konsumen muslim dan para vegeterian). Untuk itu, apabila mereka menggunakan kedelai, maka akan langsung mencantumkan identitas ‘kedelai’ untuk mendampingi lesitin. Sehingga berhati-hatilah bila kita menjumpai suatu produk yang hanya ditulis ‘lesitin’ saja, tanpa embel-embel soja, soy, atau soya, karena bisa jadi lesitin tersebut berasal dari babi. Status hukum lesitin kedelai adalah halal. Lesitin babi dan lesitin dari hewan halal yg tidak disembelih secara syar’i hukumnya HARAM.

4. Rhum

rhumRhum adalah salah satu cairan beralkohol yang sering dipakai dalam proses pembuatan roti (bakery). Roti black forest, sus fla, dan taart sering menggunakan rhum. Oleh karena mengandung ethanol (ethyl alcohol) minimal 38-40% dan memiliki sifat memabukkan (bila dikonsumsi dalam jumlah banyak), maka rhum ini dikategorikan sbg khamr. Jenis rhum yang paling sering dipergunakan adalah rhum semprot dan rhum oles (contohnya : Toffieco, Jamaica, dll). Di toko bahan roti, nama rhum ini sedemikian harum, seharum baunya yang menyengat, sebagaimana umumnya bahan lain yang berasal dari alkohol. Oleh karena termasuk dalam kategori khamr, maka umat Islam dilarang menggunakan rhum ini.

5. Lard

lardLard adalah istilah khusus dalam bidang peternakan untuk menyebut lemak babi (istilah khusus untuk lemak sapi adalah thallow). Bahan ini serig sekali dimanfaatkan dalam proses pembuatan kue/roti karena mampu membuat roti/kue menjadi lezat, nikmat, renyah, lentur, dll. Oleh karena merupakan bahan yang berasal dari babi, maka secara otomatis Lard ini dihukumi haram. Hati-hati bila membeli roti di toko roti yg tidak memiliki Sertifikat Halal. Bisa jadi bau harum semerbak roti yg sedap juga merupakan efek yg diharapkan dari penggunaan LARD.

Catatan : beberapa tahun yg lalu, salam seorang dosen senior di Fak. Peternakan UGM pernah menemukan tulisan Lard dengan huruf Arab pada sebuah produk makanan di Australia. Meskipun ditulis dengan huruf Arab, tetap saja Lard HARAM hukumnya.

sumber

Kalau dipikir-pikir, memang bahan-bahan makanan yang disebutkan diatas dapat menambah enak rasa makanan, tapi buat kita seorang muslim, makanan yang diharamkan sudah ditetapkan. meskipun rasanya enak, tetap saja tidak boleh dikonsumsi dan menjadi penguji keimanan kita untuk taat pada agama ini.. jadi inget lirik lagunya bang rhoma irama

” kenapa yang enak-enak , itu diharamkaaan?” #jreng jreng

“kenapa yang asyik-asyik, itu diharamkaan?” #jreng-jreng

“karena itu perangkap syetaann”

😀😀

#bersambung

15 thoughts on “Bahan Haram Menurut Syari’at Dalam Makanan (#1)

    • Hukum Alkohol di parfum sudah PASTI haram. (coba minum tuh parfum, dijamin masuk RS) :p
      Naahh.. najis tidaknya, itu yang beberapa ulama beda pendapat, ada yang berpendapat alkohol di parfum itu najis, dan ada yang tidak..
      tinggal mbak Ndin ambil pendapat yang mana,
      untuk lebih amannya, pakai parfum non Alkohol aja..🙂

      Wallohu’alam

      • yang beredar & yang dijual di mall2 kebanyakan beralkohol😉

        mungkin pake minyak wangi yg biasa didapet dari oleh2 haji aja kali ya? tapi ga terbiasa dengan aromanya😀

      • saran saya, beli parfum yang bibit, (ndak dicampur alkohol) , tapi ya ndak bisa dibuat spray tapi oles. (alkohol adalah pengencer parfum agar bisa di spray mbak)

        di toko parfum kan banyak bibit parfum yang baunya girly..🙂

  1. Ping balik: Bahan Haram Menurut Syari’at Dalam Makanan (#12) | Another Art Of Life

  2. sebentar, anggur , durian, nanas itu beralkohol lho, tapi nggak haram. Coba di uji kadarnya, ada alkoholnya tu. Jadi alkohol itu tidak sama dg khamer, tape juga beralkohol , tapi pernah dengar orang makan tape (normal jumlahnya lho..) lalu mabuk? kesimpulannya.., sy nggak nolak alkohol, tapi nolak khamr. Bagaimana menurut anda..?

  3. setahu saya alkohol / khamer itu cuma haram diminum, klu buat campuran parfum khan gak diminum jd gak apa2 kecuali kita minum parfumnya! lagian setelah parfum nempel alkoholnya lama2 jg menguap! oh ya klu kita bersihin luka jg pake alkohol khan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s