Cukupkah hanya berdoa buat Saudara kita di Palestina ?

Bismillah,

Assalamu’alaykum warohmatulloh wa barakatuh

Semoga sobat blogger selalu dirahmati dan dilindungi Alloh, Saya yakin sobat blogger sudah mengetahui perkembangan terakhir keadaan saudara kita di Gaza. Israel dalam seminggu terakhir sudah menembakkan lebih dari 1000 roket dan serangan udara yang menewaskan lebih dari 20 orang warga Palestine, menghancurkan gedung-gedung pemerintahan dan juga bangunan warga sipil. Dengan dalih mempertahankan diri dan melindungi warga nya, Israel dan Amerika menghalalkan cara serangan udara ke warga Palestine, termasuk membunuh warga sipil, perempuan dan anak-anak.

Sobat blogger, coba bayangkan jika kita adalah warga palestine. Coba bayangkan setiap malam kita tidak bisa tidur dengan pulas karena khawatir roket Israel akan menyasar tempat persembunyian kita.. Coba bayangkan tiap terbit fajar kita mendengar desing suara roket dan bisingnya jet-jet tempur yang melintas.. Coba bayangkan setiap siang kita melihat darah tercecer, asap mengepul tebal di udara dan puing-puing bangunan yang luluh lantak akibat serangan musuh..

Alloh mentakdirkan kita tidak sebagai warga Palestine, tapi warga Indonesia yang sudah melewati zaman peperangan.. kita bisa menikmati tidur pulas di malam hari, menikmati pagi dengan secangkir teh hangat sambil baca koran dan siang hari beraktifitas normal. Tidak ada suara jet, ceceran darah, asap tebal ataupun bangunan hancur. Terhadap nikmat ketenangan ini, maka nikmat Alloh mana yang kita dustakan?

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”. (QS. Al-Hujurat : 10)

“Seorang mu’min terhadap sesama mu’min bagaikan satu bangunan yang setengahnya menguatkan setengahnya, lalu Nabi Saw. mengeramkan jari-jarinya. (HR Bukhari dan Muslim). 

“Seorang muslim saudara terhadap sesama muslim, tidak menganiyayanya dan tidak akan dibiarkan dianiaya orang lain. Dan siapa yang menyampaikan hajat saudaranya, maka Allah akan menyampaikan hajatnya. Dan siapa yang melapangkan kesusahan seorang muslim, maka Allah akan melapangkan kesukarannya di hari qiyamat, dan siapa yang menutupi aurat seorang muslim maka Allah akan menutupinya di hari qiyamat.” (HR Bukhari muslim).

Saya kutip beberapa dalil umum dari Al Qur’an dan Hadits tentang bagaimana sikap seorang muslim terhadap saudaranya. Warga Palestine adalah muslim dan juga mukmin (bahkan hafidz Al Quran banyak berasal dari sana). Oleh karena itu,mereka adalah saudara kita juga. Memang bukan saudara karena ikatan darah tapi saudara karena ikatan aqidah !!!! Tapi karena saudara ikatan aqidah inilah, kita juga HARUS membantu mereka, semampu kita tentunya. Karena terbentangnya jarak yang memisahkan dan juga kecil kemungkinan kita ke sana, kita tidak bisa berkontribusi langsung di medan perang. Tapi masih banyak jalan untuk ikut membantu mereka.. Bukankah Alloh tidak membebani sesuatu yang hamba Nya tidak kuat menanggung?

Baiklah, banyak alternatif untuk berjuang membantu Saudara Palestine

1. Berdo’a, salah satu ikhtiar yang ringan (menurut pendapat saya), karena tidak membutuhkan modal untuk melakukan nya. Cukup angkat tangan di tengah malam atau waktu mustajabah lainnya dan ucapkan Allohummanshur ikhwanana fii falestine wa kulli makaan fil ardl (Ya Alloh, tolonglah saudara kami di Palestine dan di seluruh bumi) .

2. Menyebarkan informasi tentang kekejaman Israel pada warga Palestine. Iya benar, dengan penyebaran informasi dan pembentukan opini publik bisa membantu saudara di Palestine. Di dunia informasi seperti sekaranag, sangat mudah menyebarkan informasi. Manfaatkan social media seperti facebook, twitter atau BBM. Ganti profil picture dengan slogan-slogan free palestine, posting kabar terbaru di Palestine atau tulis di blog mengenai Palestine. Coba sobat blogger ketik “israel” di keywordnya google. maka akan muncul SATU MILYAR lebih hasil pencarian. Lalu ganti keyword dengan kata “palestine” maka akan muncul hasil HANYA 240 juta saja. Begitulah cara Israael membrandingkan negara mereka.. Ayo kita juga menulis semua tentang palestine..🙂

3. Menyisihkan sebagaian harta kita untuk mereka. Saat ini, di Indonesia banyak lembaga kemanusiaan yang sangat peduli pada saudara kita di Palestine sana, sebut saja KISPA, KNRP atau MERCI. Lembaga-lembaga ini menyalurkan dana para donatur ke Palestine agar bisa bermanfaat bagi saudara kita disana. Mulai dari pembangunan rumah sakit (MERCI), pemenuhan kebutuhan logistik yang di sana memang diboikot oleh Israel, dan sebagainya. Kalau kita belajar sirah sahabat Nabi, maka Sahabat dulu dalam menegakkan islam tidak hanya berjuang dengan mempertaruhkan nyawa saja, tapi sahabat juga menginfakkan hartanya di jalan Alloh. Sebut saja Abu Bakar r.a yang menginfakkan 2/3 harta kekayaannya (awalnya mau diinfakkan semua, tapi dilarang Nabi). Lalu Umar bin khattahb menginfakkan setengah harta nya, Utsman bin affan menginfakkan 900 unta dan 100 kuda lengkap dengan persenjataan nya dsb. Lalu kita berapa?

Sobat Bolgger, sebenarnya masih banyak alternatif untuk membantu saudara kita di Palestina saja, sangat banyak pintu-pintu kebaikan buat kita dibalik peristiwa ini. Ladang pahala nih..

Pertanyaan saya pada diri saya pribadi dan sobat blogger semua…

Jika memang mereka adalah saudara se aqidah kita, Cukupkah hanya berdoa buat saudara kita di Palestina??

Semoga bermanfaat, dan sobat blogger segera mendonasikan sebagaian hartanya ke Palestine.. Insya Alloh lembar hijau 20.000 yang kita beri ke mereka sangat besar manfaat nya, apalagi yang warnanya merah..

#kompor

🙂

6 thoughts on “Cukupkah hanya berdoa buat Saudara kita di Palestina ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s