Zaman Sudah Berubah

Bismillah

Saya copas dari status facebook Dosen pembimbing saya dulu waktu kuliah di Elektro ITS. Menurut saya, status pak Dosen ini sangat luar biasa #jleb nya… coba kita pahami ya…

Yang sudah berubah di masyarakat kita saat ini :
1. Tempat bertanya…Google…(bukan lagi “orang pandai”)
2. Kawan paling setia…HP (bukan lagi pasangannya)
3. Kemampuan bayar…daya Cicil…(bukan lagi daya Beli)
4. Silaturrahim…ber FB (bukan lagi bertamu kerumah)
5. Mainan anak2…game online (bukan lagi betengan, kelereng)
6. Barang pamer bergengsi…gadget (bukan lagi cincin, kalung, gelang emas)
7. …. apalagi ya???

Point 1, sangat sering kita melihat fenomena ini, orang-orang banyak yang dengan mudah beradu argumen dengan mbah google sabagai “guru” nya. Mereka copas hasil googling, lalu dipake hujjah untuk mengcounter, menjatuhkan atau bahkan menyalahkan orang lain di page facebook atoau social forum lain nya..  miris baca  page-page yang kontent nya begituan, debat ga jelas ..

“Tidaklah sebuah kaum menjadi sesat setelah mereka dulunya berada di atas hidayah kecuali yang suka berdebat, kemudian beliau membaca (ayat) “Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja””. (HR tirmidzi dan Ibnu Majah)

Point 2, memang ga bisa di generalisir sih, tapi mayoritas orang jaman sekarang, termasuk generasi muda nya, sudah “autis” jika pegang HP. Entah BBM an, twitteran atau fesbukan.. Saya yakin sobat blogger pernah punya pengalaman dicuekin teman (atau bahkan orang yang disayangi) karena doi asik mencet tombol di HP.

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Point 3, No komen deh, ga punya kartu kredit soalnya.😀, pesen saya cuman satu, JAUHI Kartu kredit jika hal tsb termasuk RIBA.

Riba itu memiliki 73 pintu. Yang paling ringan (dosanya) adalah seperti seseorang yang mengawini ibunya. (HR al-Hakim dan al-Baihaqi).

Point 4, FB atau alat komunikasi lain memang sangat membantu untuk silaturahim dengan orang yang jauh dari kita, sehingga ga memungkinkan kita bertatap muka. Yang parah itu, udah tetanggaan jarak 5 rumah, silaturahim nya pake FB ato HP, parah..

“Barang siapa beriman kepada Allah, dan hari akhir, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya”. (HR Bukhori)

Point 5, Sungguh sangat tidak beruntung anak-anak yang tidak mengalami permainan gundu, benteng, gobak sodor, lompat tali dsb. Game online membuat anak-anak kurang peka terhadap sekitarnya.

Point 6, No komen juga deh. Tidak pantas bagi seorang muslim menyombongkan harta nya.

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri,” (QS Luqman: 18).

Adakah yang mau menambahi, apa yang sobat blogger rasaka sangat berubah di zaman sekarang dibanding dulu?

 

Semoga bermanfaat

10 thoughts on “Zaman Sudah Berubah

  1. wolak-walike ing ndonyo. . . biasanya yang autis seperti ini tentang pamer, kredit, sosmed dan gadget itu kebanyakan adalah kaum hawa. Hahay, tak taulah. no komeng. Yang jelas saya sangat sepakat sekali dengan yang disampaikan. HP mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.. weiits..😀
    Hayo yang diamanahi berharta lebih semoga dijaga keberkahannya. Kemaren saya baru dikasih tau gaji rata-rata anak PLN. hmm,… semoga bisa membantu yang dibawahnya ya..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s