Sejarah Kelam Makhluk-Makhluk Sombong

Bismillah

Sombong adalah sifat yang sangat dibenci Alloh, karena sombong adalah sifat yang hanya pantas disematkan pada Dia yang Maha besar, yang Maha perkasa. Sejarah mencatat banyak makhluk sombong yang binasa akibat kesombongan nya, mulai dari zaman penciptaan Nabi Adam sampai yang termutakhir beberapa bulan kemarin. Begitu banyak sejarah yang bisa kita jadikan pelajaran agar kita tidak bersikap sombong.

Iblis, sebelum Adam diciptakan adalah makhluk yang taat kepada Alloh. Iblis merupakan salah satu penghuni syurga saat itu sampai tiba saat Alloh menciptakan Adam dan menyuruh iblis untuk sujud kepada Adam. Tetapi apa jawaban iblis saat itu? “tidak !!, saya lebih baik dari Adam, Engkau menciptakan aku dari api sedangkan dia dari tanah”. Jawaban iblis mencerminkan kesombongan yang tinggi. Dia dengan berani secara terang-terang an menentang perintah Alloh untuk sujud kepada Adam. Lalu lihat lah akibatnya, iblis dikeluarkan dari syurga dan menjadi ahli neraka.

Ramses II atau yang lebih akrab dengan nama Fir’aun adalah salah satu bukti sejarah tentang kesombongan makhluk. Tentu nya umat muslim pernah membaca Al Qur’an Surah An Nazi’at 20-26. Ketika Nabi Musa a.s memperlihatkan mukjizat dari Allah ketika menghadapi penyihir Fir’aun, tongkat beliau berubah jadi ular dan mengalahkan ular tukang sihir Fir’aun masih tidak bisa menerima hal itu dan berteriak “ana rabbukumul ‘alaa !!”, Aku adalah Tuhanmu yang tinggi!! Kita lihat, betapa angkuhnya Fir’aun, dian mensejajarkan dirinya dengan Tuhan nya. Lalu Alloh pun mengadzab nya di dunia, dia ditenggelam kan di laut merah dan dipastikan masuk neraka. Bukan itu saja, Alloh menjadikan jasad Fir’aun sebagai tanda bagi manusia akibat kesombongan nya. (QS Yunus : 92).  Mummi Fir’aun adalah pengingat kita, betapa dulu orang yang pernah mengaku Tuhan sekarang terbujur kaku tidak berdaya. Dimana kesombongan yang dulu dia ucapkan??

Sejarah juga mencatat penyebab kekalahan dalam perang uhud yang dipimpin Rasulullah diakibatkan lengahnya sahabat dalam peperangan. Kekalahan dalam perang Uhud yang  terjadi karena ketidakdisiplinan para sahabat. Ketika itu, Rasulullah Saw belum menyatakan bahwa perang sudah selesai meskipun musuh-musuh sudah meninggalkan arena perang karena mendapatkan serangan yang dahsyat dari pasukan muslim. Tapi sebagian sahabat justru telah melakukan pengumpulan harta rampasan perang (ghanimah), maka sahabat-sahabat yang lainpun turut serta mengumpulkan harta itu, termasuk pasukan yang di atas bukit. Melihat hal itu, sisa-sisa tentara kafir melakukan konsolidasi dan mereka naik ke atas bukit lalu melakukan serangan yang bertubi-tubi hingga para sahabat kocar-kacir, bahkan 70 orang sahabat menjadi syahid dan Rasulullah Saw sendiri terperosok ke dalam lubang, mengalami luka dan giginya sampai patah.

Masuk ke era modern, tentu kawan masih ingat tragedi karam nya kapal Titanic. Titanic adalah kapal super megah yang memiliki julukan The Unsinkable alias mustahil untuk tenggelam. Lihat lah, betapa sombong nya pembuat kapal ini sehingga menjuluki kapal nya mustahil tenggelam. Padahal tidak ada yang mustahil bagi Alloh, Dia berkehendak dan pasti terjadi. Alloh pun memperlihatkan kekuasaan Nya, kapal titanic ini ditenggelamkan Alloh dengan cara menabrakkan kapal dengan gunug es !. Betapa tidak berdaya nya manusia. Mana kata-kata the unsinkable yang dengan sombongnya dideklarasikan? Betapa lemahnya kita manusia, meskipun seringkali kita merasa superior dan tidak ada yang bisa menandingi kita.

Termutakhir, masih ingat kecelakaan pesawat sukhoi di gunung salak mei 2012 lalu? Pesawat yang menggunakan teknologi tercanggih dan modern di Indonesia ini hancur berkeping-keping akibat menabrak gunung salak. Beberapa media memang simpang siur memberitakan penyebab menabraknya pesawat berjuluk joy flight ini, ada yang memberitakan pesawat menabrak akibat terlalu beraninya pilot senior melakukan manuver melewati gunung untuk menunjukkan kecanggihan pesawat. Tapi dengan teknologi secanggih apapun, manusia tetap sangat lemah di hadapan Alloh.

Beberapa sejarah diatas memperlihatkan bahwa orang yang sombong tidak akan memiliki ending yang bahagia. Kalaupun toh adzabnya tidak disegerakan di dunia, di akhirat nanti adzab akibat kesombongan itu pasti akan diterima.

Bagaimana dengan kita?

—-

sumber    sumber1     sumber 2

2 thoughts on “Sejarah Kelam Makhluk-Makhluk Sombong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s