Akhirnya Operasi Mata Ikan Juga

Bismillah

Sedikit sharing tentang operasi mata ikan

Kemarin, akhirnya resmi ada dua codet di kaki ku. Satu codet sepanjang 16 cm di paha kiri akibat operasi tumor tulang yang ku derita dulu waktu kelas dua SMA dan yangterbaru adalah codet sepanjang 5 cm di telapak kaki kanan ku. Clavus atau istilah beken nya mata ikan ini memang telah menjangkiti ku 3 bulan terakhir ini. Mata ikan disebabkan virus dan kesehatan kaki yang tidak bagus. Sepatu kesempitan, kaos kaki kotor dan kebersihan kaki sebelum tidur yang tidak terjaga bisa menimbulkan mata ikan. Dari ketiga hal tersebut, besar kemungkinan kaos kaki yang ku pakai menjadi tersangka utama. Hehehe

Awalnya ukuran mata ikan ini kecil dan menimbulkan rasa nyeri setiap kali berjalan. Rasa nyeri diakibatkan kulit keras yang tumbuh kedalam dan menusuk saraf sakit setiap kali berjalan. Setelah searching-searching di internet mengenai pengobatan clavus, akhirnya waktu itu aku memutuskan memakai obat cair bermerek callusol untuk mengobati mata ikan ini. Pada awalnya, obat ini bekerja sesuai harapan. Mata ikan semakin mengecil dan nyeri sewaktu berjalan berkurang. Aku pun bisa bermain futsal dan badminton dengan leluasa. Tapi 2 minggu terakhir mata ikan ini kambuh lagi dan membesar. Callusol yang ku oleskan juga tidak mempan seperti pertama kali dulu. Akhirnya setelah minta pertimbangan temen-temen yang pernah dijangkiti penyakit ini, saya memutuskan untuk dioperasi saja.

Diantarkan Bang Madmur, aku pergi ke klinik tempat aku kerja. Di tempatku kerja, kesehatan ditanggung oleh perusahaan makanya aku ergi ke klinik perusahaan dengan harapan biaya operasi diganti. Tapi apa mau dikata, pihak perusahaan memberi info yang tidak sesuai harapan. Ibu yang bagian ngurusi kesehatan karyawan itu kami telpon dan bilang begini “mas, segala pengobatan yang berkaitan dengan kecantikan tidak ditanggung perusahaan. Nah, mata ikan itu termasuk dalam kategori kecantikan yang tidak ditanggung perusahaan biaya pengobatan nya“. Kami pun bengong aja dan bertanya tanya sejak kapan mata ikan ini berkaitan dengan kecantikan? wong tempat tumbuh nya aja di telapak kaki? terlebih lagi sakit yang dirasakan mengganggu kinerja karyawan? wah gak nyambung tuh peraturan. yang buat tuh aturan gak pernah terkena mata kan kali  ya?. gerutu Bang Madmur. Kalau mau diganti uang pengobatan nya, kuitansi nya jangan ditulis mata ikan, tetapi tulis aja sakit yang lain. Imbuh ibu tadi sebelum menutup telepon.

Akhirnya kami memutuskan untuk operasi mata ikan di klinik prima husada, Cinere. Setelah mendaftar, tanpa banyak konsultasi dengan dokter, aku minta untuk dioperasi saja. Aku langsung disuruh tidur dengan posisi tengkurap dan diajak ngobrol ama dokter sambil dia mempersiapkan alat operasi, kerja dimana mas?Kalau dioperasi kakinya, gak bisa kerja dong? dokter itu bertanya, saya hanya operator di PLN dok, kerjanya ngangkatin telepon. jawabku, tapi bukan bagian menjawab keluhan konsumen, tapi keluhan pembangkit tambahku sebelum ada pertanyaan lain. Oh kirain bagian keluhan pelanggan, padahal aku tadi mau mengeluh kata dokter tadi. kami pun tertawa. Tiba-tiba  aku merasa ada jarum menusuk  kaki. Ternyata dokter memberi dua suntikan di sekeliling mata ikan itu dengan anastesi. Alhamdulillah, sakitnya suntikan anastesi itu adalah sakit yang terakhir kurasakan selama operasi. Kurang lebih 15 menit suasana agak hening, dokter sedang konsentrasi membedah kaki ku dan mengangkat mata ikan nya. Setelah selesai operasi dan dijahit luka operasi nya, dokter tadi mencuci luka dengan alkohol. Suasana pun mencair lagi dengan obrolan ringan. Geli ya mas? tanya dokter lagi. iya dok geli, jawabku sekenanya. tapi kok saya ga geli ya? sahut dokter lagi. Aku dan perawat put tersenyum aja mendengar guyonan dokter ini.😀

Operasi pun selesai dan saya mengambil obat antibiotik serta penahan nyeri di apotek. Total biaya yang ku keluarkan adalah 300 ribu kurang 2000 rupiah. Jumlah yang tidak murah bagiku, tapi tidak masalah, yang penting aku bisa berjalan dengan normal lagi. Bagi temen-temen yang terkena penyakit mata ikan ini, aku sarankan agar dioperasi saja. Memang kalau kita searching internet, akan sangat banyak variasi pengobatan mata ikan. Menurut pengalaman ku, callusol dan kompress air panas tidak efektif mengobati mata ikan ini. Kalau pengobatan pake kapur, genting dibakar, plester mata ikan atau kompress air panas plus jeruk nipis belum pernah ku coba. Mata ikan ini sejenis tumor kulit jinak, jadi jika dia dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat, dia akan membesar. Mata ikan yang diambil dari kaki ku saja panjangnya kurang kebih 2.5 cm. Dan yang terpenting, besok-besok kaos kaki ku akan kucuci setelah satu kali pakaii.😀

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang juga terjangkit mata ikan

34 thoughts on “Akhirnya Operasi Mata Ikan Juga

  1. Ping balik: Solusi Alternatif Untuk Mata Ikan | Another Art Of Life

    • saran saya, coba dulu teh hitam tsb.. satu minggu saja, kalo ga ada perubahan, baru operasi.
      Saya bisa berjalan Normal lagi setelah operasi sekitar 10 hari, tapi saya operasi yang :murah”, bedah minor biasa.
      Kalo operasi yang laser, mungkin bisa lebih cepat, dan lebih mahal tentunya…
      NB : jangan lupa, minta “dibakar” mata ikan nya. :))

      Semoga lekas sembuh

  2. saya juga mengalami yg namax mata ikan, dh dipakein callusol jg g sembuh,. uhhfff al hasil ujung2 nya oprasi jg,. nih masih nyeri2 , dgn biaya yg relatif sangat murah hanya 150rb , dipuskesmas loh,. hehehhe

  3. eh,tanya dikit gan,,operasinya sakit gk sih???,soalnya ada 2 nih mata ikan aku.
    T-T huhuhu
    aku takut operasinya gan,cz sblumnya aku blm pernah smaskli ngerasain operasi.
    Kalo suntik biusnya sndri disuntik pas mata ikannya atau di pinggir”an mata ikan aja???,terus lama operasinya berapa menit??,ada 15 menit gk?
    Mohon penjelasannya gan🙂

    aku takut bgt😦

    • tergantung besar kecilnya si mata ikan bro, semakin besar, semakin lama operasinya.
      yang sakit pas disuntik biusnya doang. operasinya sih gak kerasa. tapi sejam setelah operasi… cenut2 coz biusnya dah ilang. hehe
      tapi gapapa, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.🙂

  4. aku tkut bgt operasi mata ikan …. skit gak ? tpi klo gkdioperasi tkut tmbh bsar mta ikannya , jdi sya bingung lma mikirnya , ksh solusinya ya , biaya di klinik brp ? hmm klo mta ikan tuhh bsa smbuh sndri gk ?

    • Saran saya, sbaiknya diobati. Diobati tidak harus operasi, bisa dengan herbal atau pun medikal.
      kalau idak diobati, dikhawatirkan semakin membesar mata ikan nya.🙂
      Semoga cepat sembuh

  5. 2 hari yg lalu abis operasi 2mata ikan di klinik deket rumah, skrg bekas operasi masih di jahit…. mau tanya, kira2 sembuh nya brp lama y? n takut ni klo nti mata ikan nya timbul lgi, bagi tips ny doang agan2 yg uda pengalaman operasi mata ikan

  6. bagi rekan” yg ingin segera sembuh dari derita clavus dpt menghubungi tempat pengobatan saya,hub saya di no HP: 08170035235

  7. sekedar info buat rekan” semua……saya sebelumnya pengidap clavus sebanyak 2 buah mata ikan ditelapak kaki kiri saya……waktu itu saya hampir putus asa dan hampir berniat dioperasi minor saja di dokter spesialis kulit….tapi saya takut….krn menurut info dari rekan” yg sdh menjalaninya terasa sakit sekali sewaktu dilakukan suntikkan biusnya ditelapak kaki kita….dan juga gak jaminan bisa sembuh total….banyak juga kesaksian yg kambuh kembali dan malah makin bertambah banyak….

  8. Sekilas info cara pengobatan yg akan saya lakukan adalah dgn menempelkan satu jenis buah”an ……sebut saja buah: “X”…..buah X tsb hrs sdh diramu dgn rempah” Khas dari China yg saya beli di toko obat didaerah Glodok-Jakarta Barat……stlh diramu buahnya tsb maka sdh siap digunakan utk pengobatan……dgn cara meng-garang buah tersebut diatas perapian sampai buah tersebut mengeluarkan getah…..lalu buah tersebut ditempelkan ke tempat yg ada mata ikannya dlm keadaan masih hangat & tdk terlalu panas…..dan hal itu hrs dilakukan secara berulang-ulang……dan saya yakin sekali waktu penyembuhannya efektif tdk lebih dari 5 hari……..selain saya sdh bisa menyembuhkan diri saya sendiri….saya juga sdh membuktikannya kpd bbrp saudara & teman sekantor saya….dan Syukur……mrk akhirnya sembuh total….

  9. jadi bagi rekan” yg masih memiliki keluhan derita penyakit mata ikan tsb…agar jgn ragu utk menghubungi saya di nomor HP saya atau email saya di : hendra.samadhi76@yahoo.co.id atau email kantor saya : hendra.gunawan@mayora.co.id saya akan memberikan tawaran paket penyembuhan tanpa rasa sakit krn bius jarum suntik…..tanpa pembedahan….tanpa khawatir penyakitnya akan kambuh kembali….dan cara penyembuhannya yg saya ketahui hingga saat ini yg paling aman & paling efektif adalah hanya dgn cara bedah Laser / Cauter dan biayanya sangat mahal bisa mencapai 2jutaan rupiah…..dan itu hanya bisa dilakukan di RS besar & klinik” besar saja yg hanya ditangani oleh dokter” spesialis bedah…..

  10. Saya jg abis operasi mata ikan. Ga nyangka begini harus operasi, masih dijahit,,,, ngeri liatnya, dan harus dicabut jahitannya rabu nanti,,, rasanya mau putus asa,,, duh pake calusol ga mempan..skrng ga bisa kerja beberapa hari,,,,, kira2 abis operasi ga akan muncul lg kan tuh mata ikan,,, pas operasi akarnya duh dicabut

  11. waktu SD pernah kena mata ikan di jari tengah kanan, sakitnya pol kalao dibuat ngibas2 aja dah nyeri.

    dikasi plester China khusus untuk mata ikan. seharusnya dibiarkan 3 hari, tapi karena gak sabar 2 hari dah dibuka alhasil mata ikan lepas tapi di dalam masih ada akar (ada kaya duri2 merah banyak di dalam kulit),

    kambuh lagi beberapa hari kemudian, kasih plester lagi sampe 3 hari gak dilepas ama gak kena air.

    hari ketiga dibuka, lepas tuh mata ikan hehehe gk pernah kambuh lagi.
    jadi gak perlu operasi bos asal gak gedhe2 banget mata ikannya, kasih plester china aja

  12. aq juga prn opersi mata ikan pas SMA, operasix c g’sakit tp pas di bius sakit bgt, sampe nangis2 aq,….
    tp skrg muncul lg mata ikan di kaki, mw operasi lgi tapi takut biusx, hehhehehe

  13. Tanggal 1 November 2014 kemarin, saya juga baru saja operasi mata ikan ini, Mas.
    Operasinya pakai alat yang bernama “Electro Couter”, jadi memang ada tindakan pembakaran kecil menggunakan listrik selama operasinya, saya sampai denger tuh suara percikan bunga apinya😀
    Total biaya sekitar 1,5 juta. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan dan tidak tumbuh lagi mata ikannya.

    Btw, salam kenal.

  14. mau nanya nih kemarin aku baru habis di operasi kira-kira di ganti perbannya kapan? atau berapa hari setelah di operasi? tolong bantuan nya yah🙂

  15. hallo mas aku abs bedah mata ikan jg di kaki bagian tumit karna lumaya besar ukurannya dan letaknya di tumit ..dokter tdk menjait bagian luar tumit saya tapi menjait bagian dalamnya saja agar dagingnya tumbuh dengean sndirinya .kira2 berapa lama ya penyembuhannya?

Tinggalkan Balasan

