Sisi Lain Iklan – Iklan Media Televisi Kita – Just My Opinion

Bismillah

Televisi, salah satu penemuan besar dalam sejarah kehidupan manusia. Kita bisa mengetahui kejadian di belahan bumi lain melewati televisi. Televisi juga mnyediakan berbagai macam informasi, berita, film, hiburan dan tidak ketinggalan Iklan. Iklan menjadi salah satu bagian penting berlangsungnya industri pertelevisian. Iklan adalah sumber penghasilan utama televisi untuk membayar gaji kameramen, reporter, dan crew broadcasting lain nya.

Tarif iklan di televisi sangat variatif, tergantung durasi dan waktu tayang. Semakin panjang durasi tayang dan waktu tayang pada jam traffic (paling banyak penonton), maka tarif iklan semakin mahal. Oleh karena itu, para pembuat iklan harus benar-benar memikirkan bagaiamana caranya agar iklan produk mereka diterima dan merebut perhatian pemirsa televisi. Sayangnya, ada beberapa iklan yang menurut saya konten nya tidak memperhatikan norma-norma dan cenderung merusak moral generasi bangsa ini secara langsung maupun tidak langsung.

Wanita memang memiliki daya tarik sendiri bagi manusia, terlebih laki-laki. Memang secara kodrat, wanita dianugerahi keindahan yang jika keindahan nya tidak dijaga bisa menarik perhatian bagi orang lain terlebih kaum adam. Oleh karena itu, banyak iklan produk di televisi menggunakan jasa wanita sebagai bintang iklan nya. Disamping itu, saya berpendapat ada misi tertentu dari golongan tertentu untuk merusak moral generasi bangsa, terutama generasi muda dan lebih khusus lagi generasi islam. baiklah, berikut beberapa iklan yang menurut saya tidak sesuai dengan produk dan mempunyai misi-misi tertentu

1. iklan Rokok

Iklan rokok di Indonesia ini sangat tidak nyambung. Tidak ada iklan rokok di Indonesia yang menggambarkan betapa mengerikan dampak rokok bagi kesehatan perokok dan lingkungan nya. Iklan rokok di citrakan sebagai pelengkap petualangan seperti iklan djarum super, atau juga ada yang mencitrakan rokok sebagai gaya hidup executive muda seperti iklan gudang garam surya. Menurut saya, iklan rokok ini sedikit “mengelabui” masyarakat, kata-kata peringatan roko dapat membahayakan kesehatan dst hanya muncul tidak lebih dari 5 detik. Dan lihat saja dampaknya, sekarang banyak anak-anak SMP atau bahkan SD yang merokok karena alasan “life style”, tidak merokok berarti tidak keren.

efek –> merusak moral generasi bangsa, kesehatan perokok dan  lingkungan

2. Iklan Salonpas

Iklan ini menurut saya aneh. Pertama kali muncul, ada perempuan keseleo lalu dia memakai salonpas untuk meredakan keseleo nya. tiba-tiba muncul seorang laki-laki berbadan tegap yang akan memijat bagian tubuh keseleo wanita tersebut. (scene 1). (scene 2) pada malam hari, ada ibu-ibu (sudah tua pula) tidur bersama suaminya dan diam-diam mencari salonpas dengan malu-malu berharap laki-laki berbadan tegap tadi muncul dan memijat dia. (end) . Menurut pendapat saya, iklan ini mengajarkan istri selingkuh dengan yang bukan suaminya (salonpas,red)😀 .

3. Iklan Adem Sari, Close Up atau Ponds White

Iklan ini menurut saya mempunyai misi merusak akhlak generasi muda. salah satu adegan yang patut diwaspadai di iklan ini adalah  ketika ada wanita yang terkena sariawan akan berciuman dengan laki-laki, tapi tidak jadi karena laki-laki tersebut merasa bau napas wanita tadi tidak enak. Saya juga mengkonsumsi Adem Sari kalau sariawan, tapi bagian iklan akan ciuman ini yang saya tidak setuju. Orang yang logika nya normal, pasti mengasumsikan mereka akan ciuman kalau sang wanita tidak sariawan. Secara tidak langsung, iklan ini mengajarkan ciuman.

Iklan pasta gigi close up dan Ponds white juga setali tiga uang dengan iklan adem sari. Ada adegan laki-laki dengan wanita akan berciuman meskipun tidak sampai beneran ciuman demi menghindari gunting sensor badan sensor.

Wahai generasi muslim, sudah jelas kalau ciuman antara laki-laki dengan wanita yang bukan muhrim dalam islam adalah dilarang. Jadi kita harus kritis dan mewaspadai iklan-iklan yang ada adegan menjurus ke arah perusakan akhlak dan moral.

4. Iklan Je Ge Mangga

Iklan ini juga nggak jelas. Mengapa menggunakan trio macan sebagai icon iklan mereka? bukankah Je Ge Mangga ini adalah minuman energi untuk laki-laki pekerja keras. Tapi mengapa laki-laki pekerja keras itu malah jadi figuran dan yang disorot adalah goyangan nya trio macan? Bagi saya, meskipun ada korelasi nya sedikit, tapi goyangan trio macan tidak nyambung sama sekali dengan Je Ge Mangga.

Iklan-iklan ini secara eksplisit mungkin  tidak bisa kita tangkap maksudnya, tapi kalau benar-benar dicermati iklan-iklan yang memiliki konten yang merusak akhlak dan moral yang layak diwaspadai. Bukankah prinsip iklan adalah menanamkan image di alam bawah sadar otak dengan menampilkan hal yang sama berulang-ulang? kalau adegan ciuman, dan hal-hal yang mendegradasi akhlak moral disisipkan di iklan dan diputar secara berulang-ulang, maka kerusakan moral dan akhlak generasi muda akan mengancam.

Waspadalah waspadalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s