Persiapan Menyambut Datangnya Ramadan

Bismillah

Ramadan adalah  bulan yang penuh berkah bagi umat islam. Sangat banyak keutamaan yang Alloh turunkan bagi orang yang beriman di bulan Ramadlan seperti adanya Lalilatul Qadar, dilipat ganda kan pahala, dibelenggu nya syaithon, dan sebagainya. Kita sebagai seorang muslim harus mempersiapkan diri dalam rangka menyambut bulan yang penuh berkah ini. Dengan persiapan yang matang, maka insya Alloh kita bisa lebih semangat  dalam beribadah dengan benar dan setalah bulan ramadlan kita mendapatkan predikat yang sangat prestisius bagi muslim yaitu Taqwa.

1. Persiapan Ruhiyah – Keimanan

Tentu kita semua hafal dengan ayat tentang wajibnya berpuasa Ramadlan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang2 yang BERIMAN, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah  diwajibkan pada orang2 sebelum kamu. Mudah2an kamu BERTAQWA” (Al -Baqarah:183)

dari ayat diatas, tujuan berpuasa adalah membentuk seseorang yang beriman menjadi bertaqwa. Dari redaksi ayat sendiri, Alloh tidak memanggil “hai orang-orang islam”, tetapi “hai orang yang beriman”. Mereka diwajibkan berpuasa agar mereka menjadi orang yang bertaqwa. Jadi puasa adalah masa dimana orang yang beriman akan bertransformasi menjadi orang yang bertaqwa.

Di sekeliling kita, mungkin masih banyak orang yang setelah berakhir nya puasa Ramadlan kondisi keagamaan nya tidak membaik dan predikat taqwa tidak dia dapatkan. ada orang yang awalnya suka ghibah, lepas ramadlan masih suka ghibah. Setali tiga uang, ada orang yang awalnya suka maksiat, lepas ramadlan keadaan nya tidak berubah, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berpuasa, tapi keimanan nya sangat lemah sehingga dia puasa hanya menahan lapar dan haus saja. Dia tidak bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan puasa dan gelar bertaqwa seperti yang Alloh maksud di ayat.

Karena itu, sebelum datang ramadlan,mari kita persiapkan kondisi ruhiyah keimanan kita untuk menghadapi ramadlan. Iman kita yang sekarang ini masih ada di level bawah mari kita tingkatkan lagi agar bisa ada dilevel puncak ketika memasuki ramadlan. Banyak cara meningkatkan keimanan di dada seperti banyak-banyak membaca Al qur’an, hadits-hadits dan buku yang berkenaan dengan keimanan. Mengikuti majelis ta’lim dan berkumpul dengan orang-orang sholeh juga bisa meningkatkan keimanan.

2.  Persiapan Ilmu yang cukup

Prinsip seorang muslim dalam beribadah adalah berilmu dulu baru beramal/beribadah. Oleh karena itu dalam menyambut ramdlan kita harus pelajari ilmu-ilmu nya.

Ilmu pertama yang harus kita pelajari adalah ilmu hati atau ikhlas. ikhlas ini sangat berkaitan dengan niat. Bukankah ulama’ sepakat syarat diterima nya ibadah adalah niat yang ikhlas dan sesuai dengan tuntunan nabi? oleh karena itu disamping ilmu fiqih, ilmu hati / ikhlas sangatlah penting. Hadits shohih berikut sudah sangat sering kita dengar

“Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatantergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.”  (HR Bukhori Muslim)

Ilmu fiqih tentang ramadlan juga harus kita ketahui. Jangan sampai puasa kita tidak bernilai ibadah karena kita tidak tahu ilmunya. Dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang, mencari ilmu sangat lah mudah. Ketik aja di mesin searching internet dengan keyword “fiqih puasa ramadlan”, maka akan banyak sekali situs yang tampil. Pelajari ilmu fiqih nya (ambil dalil yang shohih tentunya ya) baik dari buku, internet, radio dan majelis ta’lim setempat. Beberapa rujukan  seperti buku fiqih sunnah nya sayid sabiq, kajian di radio rodja atau radio silaturahmi (rasil), download di kajian.net dan seterusnya.

Ilmu fiqih tentang niat, hal-hal yang membatalkan puasa, amalan-amalan puasa, zakat fitrah dan sebagainya hendaknya dipelajari

3.  Persiapan Fisik

Ibadah puasa membutuhkan fisik yang prima untuk menjalani nya. Karena kita menahan makan dan minum selama puasa, tubuh akan menjadi lemas. Jika tubuh lemas, maka beraktivitas dan beribadah pun akan males. Untuk itu jaga kesehatan sebelum masuk ramadlan. Atur jenis makanan dan frekuensi olahraga agar tubuh prima selama puasa. Disarankan makan makanan yang bergizi selama berpuasa seperti makan kurma dan minum madu yang terbaik (jangan beli yang murah, :D) . Insya Alloh kita mendapat dua keuntungan dengan mengknsumsi madu dan kurma. Yang pertama, kesehatan terjaga dan yang kedua dapat pahala karena mencontoh nabi dalam hal makanan sahur dan buka.

4. Persiapan Harta

Bulan ramadlan adalah bulan dimana pahal amalan kita dilipat gandakan Alloh. Kita sangat dianjurkan memperbanyak sholat sunnah, tilawah Al quran, dzikir dan istighfar, i’tikaf, shodaqoh selama ramadlan. Nah, shodaqoh,sahur dan berbuka adalah bentuk ibadah yang membutuhkan harta. Karena itu, kita tabung uang kita sebelum ramadlan untuk nanti kita belanjakan di jalan Alloh selama ramadlan.

beberapa dalil amalan  di ramadlan yang membutuhkan harta adalah

مَنْ فَطَّرَ صَاْئِمًا كَاْنَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، غَيْرَ أَنـَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّاْئِمِ شَيْئًا
“barang siapa yang memberi makanan berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka pahalanya seperti orang yang berpuasa itu tanpa berkurang sedikitpun”. (Riwayat Imam Ahmad, Tirmizi dan Ibnu Majah dari Zaid bin Khalid r.a.)

Anas r.a. menceritakan; Seorang lelaki bertanya Rasulullah s.a.w.; ‘Ya Rasulullah! Apakah sedekah yang paling afdhal?’. Jawab Rasulullah s.a.w.;

الصَّدَقَةُ في رمضَانَ
“Sedekah pada bulan Ramadhan”. (Riwayat Imam at-Tirmizi)

—-

Resume kajian ahad pagi  ust Muhsinin, Masjid An Nuur Komplek BPK Gandul

sumber lain :  http://www.islamituindah.my/persiapan-menjelang-ramadhan

2 thoughts on “Persiapan Menyambut Datangnya Ramadan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s