Isi Tes nya dan Kenali Diri Kamu Ketika Bersikap dan Perilaku

Bismillah,

Sesuai postingan saya sebelumnya, berikut adalah beberapa ilmu tentang pengenalan diri yang saya dapatkan setelah pelatihan komunikasi.

Berikut adalah salah satu tes mengenali kecendurangan kita bersikap dan perilaku. Tes ini hanya membantu kita mengenali diri kita, jadi isi dengan sejujurnya dan tidak usah mikir terlalu lama.😀

Pilihlah jawaban yang paling sesuai bagi anda. Tulislah jawaban anda disebelah kiri pertanyaan tersebut.

1. Tidak pernah     2. Kadang-kadang     3. Seringkali       4. Selalu

  1. Saya akan merendah bila hasil kerja saya dipuji
  2. Bila orang bersikap jahat pada saya, saya akan membalas dengan sikap yang sama
  3. Orang-orang menganggap saya menarik
  4. Saya merasa sulit berbicara di depan kelompok yang tidak saya kenal
  5. Saya tidak keberatan untuk berbicara tajam, kalau hal itu akan membantu menjelaskan maksud saya
  6. Saya meminta kenaikan gaji bilamana saya merasa betul-betul pantas menerimanya
  7. Bila orang lain menginterupsi pembicaraan saya, saya merasa tidak enak tapi tetap diam
  8. Bila orang mengeritik pekerjaan saya, saya akan mencari cara untuk membalas menjatuhkan mereka juga
  9. Saya dapat menunjukkan rasa bangga atas keberhasilan saya tanpa menyombong
  10. Orang-orang memanfaatkan diri saya
  11. Saya akan mengatakan apa yang ingin didengar orang bila hal itu membuat saya mendapatkan apa yang saya inginkan
  12. Tidak sulit bagi saya untuk meminta tolong
  13. Saya meminjamkan barang saya pada orang walaupun sebenarnya tidak ingin meminjamkan
  14. Saya memenangkan perdebatab dengan cara mendominasikan dalam diskusi
  15. Saya mampu mengekspresikan perasaan saya yang sesungguhnya pada orang yang berarti bagi saya
  16. Bila saya marah pada orang lain, saya akan menahannya dan tidak menyatakannya
  17. Bila saya mengkritik pekerjaan orang, mereka akan marah
  18. Saya merasa yakin akan kemampuan saya mempertahankan hak saya

LEMBAR JAWABAN (letakkan nilai yang anda isi, dan jumlahkan ke bawah)

1         =                                             2    =                                       3    =

4         =                                             5    =                                       6    =

7         =                                             8    =                                       9    =

10     =                                             11  =                                       12  =

13     =                                             14  =                                       15  =

16  =                                               17  =                                       18  =

Pasif =                                           Agresif  =                             Assertif =

Berapakah skor tertinggi tes anda? apakah Pasif, Agresif atau Assertif ?

Berikut sedikit penjelasannya :

Agresif

Orang dengan tipe Agresif, dia akan memperjuangkan/mempertahankan haknya dengan mengabaikan hak orang lain. Dengan kata lain, orang tipe ini cenderung diktator dan tega terhadap orang lain. Orang tipe agresif kurang bagus dalam berkomunikasi, karena dia cenderung tidak bisa menerima pendapat orang lain dan berlaku hukum “Suka-Suka Saya”. Untuk anda tipe orang agresif, sebaiknya mengurangi “keagresifan” anda agar lebih berhasil dalam pekerjaan dan bermasyarakat.

Submisif/ Pasif

Orang dengan tipe Submisif/Pasif ini cenderung mengabaikan haknya demi menghargai hak orang lain. Orang ini sukar mengatakan “tidak” pada orang yang membutuhkan bantuan nya meskipun dia harus mengorbankan kepentingan nya. Orang tipe submisif harus lebih berani lagi memperjuangkan hak-hak nya dan berani mengatakan “tidak” pada sesuatu hal yang bertentangan dengan kepentingan nya.

Asertif

Orang dengan tipe Asertif adalah orang yang bagus dalam berkomunikasi. dia memperjuangkan/mempertahankan haknya dengan tetap menghargai hak orang lain. Orang tipe asertif adalah tipe ideal seseorang dalam berkomunikasi. Dia tahu hak-hak nya yang harus dia perjuangkan seperti hak untuk:

—  Memiliki perasaan, berpendapat,dan dihargai

—  Memperjuangkan kebutuhannya.

—  Bertanya & menolak.

—  Tidak mengerti.

—  Berhasil & melakukan kesalahan.

—  Berubah pikiran.

—  Tidak asertif.

—  Menjadi diri sediri.

Jadi anda termasuk tipe yang mana? kalau anda orang agresif, segera lah melunak dan menjadi tipe asertif. Jika anda seorang tipe submisif, segera lah menjadi kuat untuk condong ke tipe asertif. Jika anda tipe asertif, bersyukurlah dan pertahankan itu.

Semoga bermanfaat bagi pembaca

5 thoughts on “Isi Tes nya dan Kenali Diri Kamu Ketika Bersikap dan Perilaku

  1. Eh iya salah sebut. Maksudnya di Udilat Bogor……Btw saya Aminkan aja, saya mang kepengen penempatan di Yogya…..hihihi…..:p

Tinggalkan Balasan

