Pray for Them

Bismillah,

Mungkin sudah banyak yang posting tentang kondisi saudara-saudara kita di luar negeri sana, jadi saya hanya mengingatkan bahwa ada banyak saudara-saudara kita di luar negeri sana yang membutuhkan bantuan kita. Kalau memang tidak bisa langsung hadir di sana, kita bantu mereka dengan dana, kalau memang tidak bisa bantu dengan dana mari kita doakan mereka.

Mumpung doa seorang muslim di bulan Ramadhan ini mustajab,  mari sematkan dalam doa kita buat saudara-saudara kita yang sedang mengalami ujian berupa penghapusan etnis muslim  di Rohingya, Myanmar. Kekejaman dan kebrutalan Israel terhadap rakyat Gaza, Palestina, Bencana kelaparan di Somalia dan ethiopia. Kekejaman militer terhadap rakyat Suriah. Jangan lupa juga berdoa untuk rakyat muslim di Indonesia yang sedang mengalami ujian (apapun itu).
Semoga Alloh memberi kekuatan pada mereka untuk mempertahankan aqidahnya dan musibah yang mereka alami segera berakhir.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912) Baca lebih lanjut

Iklan

Uang recehan di FB

Bismillah

Hari ini saya membaca status menarik dari teman yang ada di FB saya, dia meng share sebuah link yang kurang lebih intinya adalah kritik membaca doa buka puasa dengan bacaan Allohumma laka shumtu dst. Menurut link tersebut, membaca doa Allohumma laka shumtu yang diucapkan kebanyakan orang adalah berasal dari hadits dhoif, tidak boleh diamalkan. Doa yang benar menurut hadits shohih adalah dzahabadh dhomaau dst.

Kalau saya cermati, ternyata kalau kita update status di FB yang satu tipe dengan update status temen saya ini, akan berujung “rame”. Pasti banyak komentar  pro dan kontra. Ujung-ujung nya bertukar dalil dst. Baca lebih lanjut

Sejarah Kelam Makhluk-Makhluk Sombong

Bismillah

Sombong adalah sifat yang sangat dibenci Alloh, karena sombong adalah sifat yang hanya pantas disematkan pada Dia yang Maha besar, yang Maha perkasa. Sejarah mencatat banyak makhluk sombong yang binasa akibat kesombongan nya, mulai dari zaman penciptaan Nabi Adam sampai yang termutakhir beberapa bulan kemarin. Begitu banyak sejarah yang bisa kita jadikan pelajaran agar kita tidak bersikap sombong. Baca lebih lanjut

Televisi, Ngabuburit dan Keberkahan Puasa – Just My Opinion

Bismillah

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Kata-kata ini sering muncul di setiap channel televisi kita, menghiasi setiap acara yang mereka tayangkan. Iya, memang ramadhan adalah bulan penuh berkah, saya rasa tidak ada yang menyangkal hal ini. Berkah secara bahasa berarti tumbuh dan bertambah. Tapi apa “sesuatu” yang tumbuh dan bertambah selama ramadhan itu?? mungkin jawaban mengenai arti berkah ramadhan akan berbeda satu orang dengan orang lain.

Saya masih ingat, ramadhan kemarin ada artis yang bilang seperti ini “Alhamdulillah, jadwal manggung saya bertambah selama ramadhan”. Saya simpulkan, berkah ramadhan menurut artis tersebut adalah bertambahnya rezeki.

Jawaban akan berbeda kalau kita tanya seorang ustadz (bukan ustadz artis ya) tentang definisi berkah. Baca lebih lanjut

Another Art Of Life

Bismillah

Another Art Of Life, kata ini yang saya pampang di halaman wp saya. Pada awalnya sih mau nulis University of Life, tapi kayak nya sudah ada blogger yang makai kata itu, jadi saya ubah deh ke Another Art Of Life.. 😀

Para blogger budi man dan budi wati (Blogger selain Budi, Wati dan cak Man juga termasuk ya) :p, Sebenarnya seni dalam kehidupan / menghadapi hidup menurut sobat blogger tuh apa ya?? monggo kalo mau ada yang sharing,  saya berharap bisa terinspirasi dari sobat blogger semua..

Kalo saya sih, seni dalam hidup adalah bagaimana caranya menjadikan setiap tindakan dalam hidup ini bernilai. Bernilai bagi orang lain (berguna), diri saya sendiri (mengambil guna dari others) dan tentunya bernilai ibadah di hadapan Sang Khaliq (mempunyai landasan dalam bertindak). Memang berat sih mempraktekan nya, tapi saya akan berusaha !! doakan saya ya !! 🙂

 

– berusaha mengalihkan rasa sakit setelah operasi –

– kecewa dan bingung akibat gak bisa upload gambar lewat inet kantor –

– bersiap pulang kerja, abis shift malam –

 

Proyek-Proyek Ramadan – Menyambut Ramadan

Bismillah

Ramadan sudah didepan mata. Kita sebagai umat muslim harus bersemangat menyambut dan menjalani bulan penuh berkah ini. Perlu kita ingat bahwa ramadan tidaklah cukup dengan menahan lapar dan haus saja di siang hari, tapi ramadan lebih dari itu. Ramadan ibarat masa kepompong seekor ulat agar dia bisa menjadi kupu-kupu. Lulus ramadan, muslim seharusnya bisa berubah dari ulat menjadi kupu-kupu. Nah, salah satu cara agar ramadan kita nanti optimal, maka kita harus memiliki proyek-proyek atau target-target selama ramadan kan? agar yang kita lakukan terukur. Baca lebih lanjut

Akhirnya Operasi Mata Ikan Juga

Bismillah

Sedikit sharing tentang operasi mata ikan

Kemarin, akhirnya resmi ada dua codet di kaki ku. Satu codet sepanjang 16 cm di paha kiri akibat operasi tumor tulang yang ku derita dulu waktu kelas dua SMA dan yangterbaru adalah codet sepanjang 5 cm di telapak kaki kanan ku. Clavus atau istilah beken nya mata ikan ini memang telah menjangkiti ku 3 bulan terakhir ini. Mata ikan disebabkan virus dan kesehatan kaki yang tidak bagus. Sepatu kesempitan, kaos kaki kotor dan kebersihan kaki sebelum tidur yang tidak terjaga bisa menimbulkan mata ikan. Dari ketiga hal tersebut, besar kemungkinan kaos kaki yang ku pakai menjadi tersangka utama. Hehehe Baca lebih lanjut

Saya Mohon Maaf Kepada Saudara Semua Sebelum Ramadan – Tidak Berniat Bid’ah

Bismillah,

Dengan ini saya ingin meminta maaf kepada bapak-bapak, ibu-ibu dan teman-teman semua atas kesalahan yang pernah saya lakukan. Dalam berinteraksi sehari-hari entah itu lewat dunia maya atau dunia sebenarnya dengan anda semua, (sepertinya) ada perbuatan maupun ucapan saya dan secara sadar maupun tidak sadar menyakiti hati anda semua, yang jika saya sebutkan satu persatu mungkin tidak akan cukup huruf untuk menulis kan nya. Saya akui, saya sering melakukan ghibah (ngerasani), berkata dan bertindak yang tidak sopan, membuat tulisan yang mungkin menyinggung dan sebagainya, Tolong di halalkan ya.

Saya sengaja meminta maaf  secara terbuka dan bertepatan sebelum ramadan datang, karena saya rasa inilah momen yang tepat untuk meminta maaf (selain hari raya idul fitri). Karena di waktu lampau, saya masih sungkan dan harga diri saya terlalu tinggi untuk mengakui bahwa saya pernah melakukan salah ke anda semua. Karena itu, mohon dimaafkan semua kesalahan saya yang lampau, semua nya. Baca lebih lanjut

Sisi Lain Iklan – Iklan Media Televisi Kita – Just My Opinion

Bismillah

Televisi, salah satu penemuan besar dalam sejarah kehidupan manusia. Kita bisa mengetahui kejadian di belahan bumi lain melewati televisi. Televisi juga mnyediakan berbagai macam informasi, berita, film, hiburan dan tidak ketinggalan Iklan. Iklan menjadi salah satu bagian penting berlangsungnya industri pertelevisian. Iklan adalah sumber penghasilan utama televisi untuk membayar gaji kameramen, reporter, dan crew broadcasting lain nya.

Tarif iklan di televisi sangat variatif, tergantung durasi dan waktu tayang. Semakin panjang durasi tayang dan waktu tayang pada jam traffic (paling banyak penonton), maka tarif iklan semakin mahal. Oleh karena itu, para pembuat iklan harus benar-benar memikirkan bagaiamana caranya agar iklan produk mereka diterima dan merebut perhatian pemirsa televisi. Sayangnya, ada beberapa iklan yang menurut saya konten nya tidak memperhatikan norma-norma dan cenderung merusak moral generasi bangsa ini secara langsung maupun tidak langsung.

Wanita memang memiliki daya tarik sendiri bagi manusia, terlebih laki-laki. Memang secara kodrat, wanita dianugerahi keindahan yang jika keindahan nya tidak dijaga bisa menarik perhatian bagi orang lain terlebih kaum adam. Oleh karena itu, banyak iklan produk di televisi menggunakan jasa wanita sebagai bintang iklan nya. Disamping itu, saya berpendapat ada misi tertentu dari golongan tertentu untuk merusak moral generasi bangsa, terutama generasi muda dan lebih khusus lagi generasi islam. baiklah, berikut beberapa iklan yang menurut saya tidak sesuai dengan produk dan mempunyai misi-misi tertentu Baca lebih lanjut

Perniagaan Yang Tidak Akan Merugi – Bersiap Menyambut Ramadlan

Bismillah

Kita semua sepakat bahwa hidup di dunia ini, kita tidak mau rugi. Kalau kita berdagang atau berbisnis, sebisa mungkin kerugian di hindari dan keuntungan yang didapat adalah sebesar-besar nya. Tahukah kita, bahwa sebenar nya prinsip berdagang yang tidak akan rugi ada dalam islam?. Pernahkah terbersit dalam benak kita, sebenar nya kita hidup ini sebenarnya sedang melakukan perdagangan dengan Alloh? Mari kita baca ayat-ayat Alquran berikut

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ. تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. ash-Shaff: 10-12).

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ. لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

Sesungguhnya, orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (al-Qur’an), mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka, dengan diam-diam maupun terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 30).

Syaikh ‘Abdur Rahman as-Sa’di berkata, “(Inilah) perniagaan yang tidak akan merugi dan binasa, bahkan (inilah) perniagaan yang paling agung, paling tinggi dan paling utama, (yaitu) perniagaan (untuk mencari) ridha Allah, meraih balasan pahala-Nya yang besar, serta keselamatan dari kemurkaan dan sisaan-Nya. Ini mereka (raih) dengan mengikhlaskan (niat mereka) dalam mengerjakan amal-amal (shalih) serta tidak mengharapkan tujuan-tujuan yang buruk dan rusak sedikitpun.” (Kitab Taisiirul Kariimir Rahmaan, hal. 689).

Kalau kita berdagang, berarti ada barang yang di dagangkan. “barang dagangan” yang  Alloh tawarkan kepada kita adalah syurga Nya dan kita bisa membeli nya dengan iman dan amal-amal shalih yang kita lakukan.

إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْرَاةِ وَالإنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ وَمَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Sesungguhnya, Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga (sebagai balasan) untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.” (QS. at-Taubah: 111)

Salah satu cara berdagang yang baik adalah dengan menjaga modal agar modal tidak berkurang atau habis. Bagi setiap muslim, modal berdagang dengan Alloh adalah dengan iman dan ilmu. Dan diantara perdagangan yang bisa mengurangi modal (iman) ini adalah perdagangan yang disertai dengan syirik, riya’ dan perbuatan bid’ah (bid’ah adalah beramal tanpa ada ilmu atau tuntunan Rasul). Syirik, riya’ dan sum’ah dapat menghapus pahala ibadah. Perbuatan bid’ah juga tertolak. Beberapa hal lagi yang harus diwaspadai agar kita tidak merugi dalam berdagang dengan Alloh adalah minum khamr dan ghibah. Minum khamr bisa menyebabkan ibadah tidak diterima selama 40 hari, ghibah bisa menyebabkan orang tersebut muflis (bangkrut).

Rasulullah SAW bersabda: Orang yang bangkrut di kalangan umatku adalah orang yang pada hari kiamat nanti datang membawa pahala shalat, zakat dan puasa, namun di samping itu ia membawa dosa mencela, memaki, menuduh zina, memakan harta dengan cara yang tidak benar, menumpahkan darah, dan memukul orang lain.” (HR.Muslim)

Dalam berdagang. Seorang muslim harus bisa memanfaatkan modal yang sedikit/ringan tapi menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Saya punya pertanyaan, apakah di dunia ada yang bisa membeli mercy dengan harga 100 rupiah? Atau membeli pohon kelapa sawit dengan 25 rupiah? Saya yakin di dunia tidak ada perdagangan yang seperti ini. Tapi hal tersebut ada jika kita berdagang dengan Alloh. Mari kita perhatikan

Bacaan subhanalloh sebanding dengan pohon kurma. Diriwayatkan oleh at-Turmudzi bahwa Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa mengucapkan subhanallah wa bihamdihi maka akan ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga.

satu ayat yang dibaca seorang mukmin lebih berharga dari seekor unta gemuk dan hamil. Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim Rasul bersabda “Inginkah salah seorang di antara kalian yang kembali ke keluarganya membawa tiga ekor unta yang sedang hamil dan gemuk-gemuk? Kami berkata: Ya, maka beliau bersabda: tiga ayat yang kalian baca dalam shalat kalian itu lebih baik dari tiga ekor unta hamil yang gemuk”.

Mengajak kepada kebaikan lebih baik dari onta merah (onta merah pada saat itu seharga mercy). Dalam hadits yang diriwayatkan imam Muslim, Rasul bersabda “Demi Allah, seandainya Allah memberi hidayah kepada seseorang melalui perantara kamu maka (ganjarannya) lebih baik bagi kalian daripada kalian mendapatkan seekor onta merah)“ 

Tasbih dan satu ayat yang kita baca tidak lebih mahal dari 25 rupiah atau seratus rupiah. Membaca Al qur’an, tasbih, mengajak kebaikan, menuntut ilmu adalah modal/ibadah yang ringan tapi menghasilkan hasil yang luar biasa di akhirat. Jadi pertanyaan besar bagi kita (terutama saya) Apa yang menghalangi muslim untuk membaca Al Qur’an ketika bekerja? Atau mendengar Al Quran ketika menyetir? Atau membaca tasbih ketika berjalan? Atau mengajak teman ke majelis ta’lim? betapa sering amalan ringan yang berpahala besar ini kita lewatkan..

Sebentar lagi bulan ramadlan, bulan dimana Alloh mengobral dagangan nya. Alloh menghargai mahal ibadah-ibadah yang dilakukan hambanya. Alloh melipatgandakan pahala, membuka lebar-lebar pintu syurga dan menutup pintu neraka. Mungkin kita belum bisa mengamalkan amalan-amalan yang berat sewaktu ramadhan seperti qiyamul lail, khatam Al Quran, Infaq dan Sedekah, dsb. Tetapi setelah mengetahui hadits-hadits amalan ringan yang berpahala besar ini, maka tidak ada alasan lagi kita tidak memperoleh keuntungan maksimum selama ramadhan nanti.

notes : keuntungan berdagang dengan Alloh tidak seperti keuntungan kita berdagang di dunia. Keuntungan didunia berwujud dan bisa langsung kita rasakan. Tetapi Keuntungan akhirat tidak berwujud langsung di dunia dan hanya bisa dirasakan oleh mereka yang beriman dan percaya terhadap adanya akhirat kelak.

Wallohu’alam

resume kajian bersemilah ramadan, ust armen halim naro,

http://www.kajian.net

http://blog.bursamuslim.com/perniagaan-yang-tidak-akan-merugi/#comment-1217