Peduli Farid Hamzah

Bismillah

Setelah lama tidak menjenguk Fariz, hari ini saya ke rumah sakit untuk menjenguk nya. Banyak kabar yang menggembirakan diantaranya kondisi fariz yang berangsur-angsur membaik, meskipun sesekali dia demam tapi kata dokter hal itu biasa terjadi pada Bayi. Kabar yang (mungkin) harus mendapat perhatian lebih adalah besarnya tunggakan rumah sakit yang mencapai 36 juta rupiah. Oleh karena itu saya mencoba meng-informasikan ulang penggalangan dana peduli fariz ini untuk membantu biaya pengobatan fariz. Bagi yang belum mengikuti perkembangan fariz, berikut data dan cerita singkat nya

Profil Singkat Fariz Hamzah

Nama                                    :               Fariz Hamzah / Danang

Tempat/tgl lahir               :               Depok, 9 April 2012

Diagnosa Dokter               :               Pneumonia dan Radang Otak

Rumah Sakit                       :               RSIA Hermina Ciputat, Ruangan NICU

Orang Tua (asuh)             :               Bpk Rosidi           (Dosen Teknik Mesin Poltek Negeri Jakarta)

:               Ibu Meta             (Guru SMA 2 Depok)

Alamat Orang Tua            :               Jl Kekupu RT 03/05 No 53 Pasir Putih Sawangan Depok

NO telp                                  :               05693544489 (bu Meta)

Fariz Hamzah adalah seorang bayi yang ditelantarkan oleh orang tua kandungnya di daerah Jakarta Selatan dalam keadaan sakit. Bayi ini diberikan seseorang yang mengaku menemukan bayi di depan rumahnya kepada ibu Siti Kholifah, ibu pemilik warung kelontong kecil di Gang Damai, Gandul, Cinere. Ibu Siti Kholifah pun menerima bayi tersebut dengan senang hati. Tetapi setelah mengetahui bahwa kondisi bayi ini dalam keadaan sakit parah, ibu Siti Kholifah pun mencari orang yang bersedia merawat bayi ini karena dia tidak mempunyai cukup uang untuk biaya pengobatan bayi tersebut. Akhirnya melalui bantuan tetangga nya yang aktif di kegiatan dakwah, bayi ini mendapat orang tua yang mau merawat dan menanggung biaya pengobatan nya. Bayi ini diberi nama Fariz Hamzah.

Orang tua yang terketuk hatinya tersebut adalah pasangan Bpk Rosidi dan ibu Meta. Mereka tinggal di Sawangan dan memiliki dua orang putri. Alasan mereka menolong Fariz sangat sederhana, mereka ingin membantu sesama makhluk Alloh dengan ikhlas. Pertama masuk Rumah sakit ibu anak Hermina, Ciputat (sebelah kampus UIN Jakarta) pada tanggal 19 April 2012 Fariz di diagnosa dokter mengidap pneumonia dan radang otak. Hal ini disebabkan kurang nya asupan gizi kepada Fariz semenjak di kandungan sampai dia dilahirkan.

Kondisi Fariz pada saat itu memang sangat memprihatinkan. Fariz harus memakai ventilator untuk bernapas dan menggunakan selang untuk memasukkan makanan ke dalam tubuhnya. Hal ini berlangsung kurang lebih satu bulan. Alhamdulillah, setelah satu bulan perawatan radang otak sudah dinyatakan sembuh oleh dokter. Tetapi pneunomia nya belum sembuh, masih banyak bakteri di paru-paru nya sehingga ventilator belum dilepas. Pertengahan Mei 2012, ventilator pernah dicoba dilepas agar Fariz bisa menggunakan paru-paru nya untuk bernafas. Keadaan berkata lain, ternyata paru-paru Fariz tidak mengembang sempurna sehingga belum cukup kuat untuk bernapas sendiri. Disamping itu, lendir di paru-paru juga masih banyak. Akhirnya Ventilator pun dipasang kembali.

Awal Juni 2012, perkembangan signifikan terjadi. Fariz bisa sepenuhnya lepas dari ventilator dan bernapas menggunakan paru-paru nya. Berat badan nya pun naik dari 2.0 kg menjadi 2.5 kg. Perasaan bahagia pun meliputi Bpk Rosidi dan keluarga. Meskipun sudah bisa bernapas sendiri, lendir di paru-paru juga belum hilang karena masih ada bakteri. Pemberian antibiotik pun masih diberikan dengan dosis  lebih banyak untuk mempercepat kesembuhan Fariz. Kondisi bayi memang masih sangat rentan, berbeda dengan orang dewasa ketika sakit, kondisi bayi sangat sulit ditebak perkembangan nya. Setelah kabar menggembirakan tersebut, tiba-tiba kadar Hemoglobin darah menurun sehingga harus dilakukan transfusi darah. Hal ini berlangsung beberapa kali semenjak Fariz dirawat di rumah sakit. Dokter bilang, hal tersebut lumrah terjadi pada bayi yang lahir premature dan baru sembuh dari sakit. Kondisi Fariz secara keseluruhan terus membaik, tinggal beberapa check up lagi yang diperlukan seperti check jantung dan paru-paru untuk memastikan kondisi nya bisa pulang.

Mungkin, pada saat memutuskan menanggung biaya pengobatan Fariz Bpk Rosidi tidak menyangka biaya pengobatan akan mencapai lebih dari 150 juta rupiah. Tetapi dengan keyakinan yang kuat bahwa Alloh akan menolong hamba Nya yang berbuat kebaikan dengan jalan yang tidak di sangka-sangka mereka tetap pada pendirian untuk merawat Fariz dan memperlakukan nya seperti anak mereka sendiri. Setiap pagi sebelum berangkat kerja dan sore setelah kerja, mereka menyempatkan diri ke rumah sakit menjenguk Fariz dan mendoakan Fariz agar cepat sembuh. Mereka juga yang bersedia dipanggil tim dokter untuk memutuskan setiap tindakan yang akan dilakukan kepada Fariz.

Uang pengobatan dan perawatan fariz memang tidak sepenuhnya di tanggung oleh Bpk Rosidi, sebagaian uang berasal dari para donatur yang mengetahui kondisi Fariz. Donatur pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari uang sumbangan ibu-ibu pengajian di kampung ibu Kholifah, donatur dari pegawai PLN Gandul, juga donatur lain yang membaca informasi tentang fariz ini. Total biaya untuk Fariz sampai tanggal 14 Juni 2012 sebesar 164.347.980 dengan tunggakan sebesar 35.882.980.

Besar harapan Bpk Rosidi dan keluarga bantuan dari rekan-rekan semua. Bantuan berupa dana, moral, semangat dan  juga doa sangat kami perlukan untuk membantu Fariz. Insya Alloh, akan ada hikmah dibalik semua kejadian ini.

BAGI YANG BERMINAT MENDONASIKAN SEDIKIT HARTANYA untuk MEMBANTU FARIZ DAN KELUARGA  BISA MENGHUBUNGI SAYA, IMRON ROSYADI DI 08563104072, kontak IBU Meta Savari di 085693544489 atau LANGSUNG MENJENGUK DI RS HERMINA. Terima Kasih.

ATAU kalau mau BERSEDEKAH SECARA DIAM-DIAM, SILAHKAN TRANSFER UANG DONASI KE REKENING SAYA MANDIRI : 140-000-620-8830. ATAS NAMA IMRON ROSYADI. TAPI JANGAN LUPA SMS KE KAMI, AGAR KAMI BISA MEREKAP JUMLAH YANG HARUS KAMI SETORKAN KE RS HERMINA..  (maklum, rekening tsb adalah rekening pribadi). Laporan akan kami berikan setiap kali setor ke kasir RS Hermina.

Silahkan berkunjung ke blog saya untuk lebih detail perjalanan fariz hamzah ini

https://nurimzaidin.wordpress.com/2012/05/02/peduli-farid-hamzah-seorang-bayi-yang-ditelantarkan-orang-tua-kandungnya/

https://nurimzaidin.wordpress.com/2012/05/09/laporan-dana-terkumpul-peduli-fariz-1/

https://nurimzaidin.wordpress.com/2012/05/13/laporan-dana-terkumpul-peduli-fariz-2/

https://nurimzaidin.wordpress.com/2012/05/16/laporan-dana-terkumpul-fariz-3/

https://nurimzaidin.wordpress.com/2012/05/31/up-date-kondisi-fariz-hamzah-minta-doanya-juga-agar-segera-sembuh/

One thought on “Peduli Farid Hamzah

  1. Mohon maaf, Foto upload terbaru belum bisa. karena gangguan komputer saya. Insya Alloh secepatnya saya upload. Bagi yang ingin melihat foto terbaru nya, silahkan email ke saya. Nanti akan saya email.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s