Tips Bagi para Pekerja Shift Agar Kesehatan Terjaga

Bismillahir rahmanir rahiim

langsung aja deh ini dia tips menjaga kesehatan bagi mereka yang kerja shift, semoga bermanfaat bagi yang membaca

——

Dilansir dari GeniusBeauty, berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan akibat siklus tubuh yang terganggu:

  1. Pola makan selama kerja malam
    Pastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat berakibat buruk pada tubuh, terlebih bila ritme sirkadian Anda abnormal.
  2. Minuman untuk shift malam
    Jus alami dan air putih adalah minuman terbaik di malam hari. Dalam situasi stres, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti.
  3. Vitamin untuk meningkatkan efisiensi kerja
    Mengatasi stres yang terkait dengan kerja shift malam atau kerja hingga larut malam adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Vitamin-vitamin ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam.
  4. Jangan merokok saat kerja malam
    Jangan merokok ketika Anda kerja di malam hari. Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.
  5. Gaya hidup sehat dan olahraga
    Luangkan waktu lebih untuk diri sendiri dan mempertahankan gaya hidup sehat. Lakukan lebih banyak jalan dan berolahraga setidaknya setengah jam sehari. Lari, renang dan olahraga kebugaran (fitness) tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kebugaran yang baik tetapi juga menyediakan dukungan untuk tidur yang sehat.

sumber ( http://www.ilmukesehatan.com/305/dampak-dan-tips-kerja-malam.html )

—–

dari sumber lain nya ( http://www.dokterku-online.com/index.php/article/50-dampak-bagi-pekerja-shift-gilir- )

  1. Patuhlah dengan jadwal tidur yang teratur, bahkan saat akhir pekan dan tidak bekerja.
  2. Apabila memungkinkan, tidur sebentar dalam tugas shift malam berdampak positif untuk mengurangi kelelahan tanpa mengurangi kinerja (Arora dkk, 2006).
  3. Bekerjalah dengan orang-orang lainnya. Sebaiknya hindari situasi bekerja sendirian di malam hari.
  4. Selepas shift malam, segeralah tidur, jangan tunda waktu tidur anda dengan kegiatan lain atau perjalanan lain, gunakan penutup mata dan upayakan kamar segelap mungkin. Ingat selalu pentingnya menjaga waktu tidur antara 6-8 jam perhari.
  5. Mandi sebelum tidur, lingkungan yang tenang, minum susu, atau membaca di tempat tidur dapat membantu menciptakan kondisi tubuh untuk mempermudah proses tidur.
  6. Untuk mengurangi tingkat kesalahan pada pekerja shift malam, Berger dan Hobbs (2006) menyarankan untuk melakukan tidur siang, menghilangkan kerja lembur hingga lebih 12 jam dan mengerjakan tugas sebelum jam 4 pagi
  7. Lama shift kerja sebaiknya tidak lebih dari 8 jam, jika lebih dari jam tersebut beban kerja sebaiknya dikurangi
  8. Penggantian shift kerja sebaiknya dengan pola rotasi maju dengan waktu rotasi kurang dari 2 minggu dan dengan waktu libur rata-rata 2hari per minggu.

——

One thought on “Tips Bagi para Pekerja Shift Agar Kesehatan Terjaga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s