Bisnis Jasa Membajak Sawah dengan Traktor Tangan Quick G1000

Bismillah,

Sedikit share bisnis kecil-kecil an di rumah…

Pedurungan, Desa tempat saya dilahirkan, merupakan desa yang dikelilingi areal pertambakan. luas areal pertambakan di desa perbatasan Gresik-Lamongan Jawa timur, itu mencapai lebih dari 200 Ha. Desa saya terkenal dengan budidaya ikan bandeng dan udang vanamei air tawar, mulai dari benih bandeng (nener) sampai bandeng dewasa ada di desa saya begitu juga udang vanamei. Air yang digunakan untuk kegiatan budidaya ikan berasal dari anak sungai bengawan solo yang melewati desa saya tersebut.

Dalam pelaksanaannya, areal pertambakan di desa kami bisa berubah menjadi sawah padi pada saat musim hujan turun. Biasanya musim tanam padi terbagi dua, yaitu musim tanam pertama dan musim tanam kedua. Musim tanam pertama terjadi saat awal-awal musim hujan turun, berkisar pada bulan desember sampai maret. sedangkan musim tanam kedua berkisar pada bulan mei sampai juli. Pada saat musim tanam pertama, tidak semua areal tambak dijadikan areal sawah, hal ini disebabkan tidak semua petani mengambil resiko ketersediaan air untuk menanam padi cukup atau tidak. sedangkan pada saat musim tanam kedua, hampir semua areal tambak disulap menjadi sawah.

Sudah awam diketahui bahwa untuk menanam padi dibutuhkan pengolahan tanah yang bagus sebelum masa tanam. Salah satunya adalah dengan menggemburkan tanah dengan cara dibajak. Dulu, orang membajak sawah dengan menggunakan tenaga sapi atau kerbau. karena kecepatan nya sangat lambat, maka sekarang orang berpaling membajak sawah menggunakan mesin.Kecepatan traktor tangan membajak sawah sangat bergantung pada jenis traktor (diesel dan roda) juga kelihaian operator mengoperasikan traktor tersebut.

Menilik luasnya areal sawah dan kebutuhan traktor di desa saya maka saya, adik dan bapak melakukan analisa peluang bisnis sewa traktor ini.

  1. Luas areal sawah disekitar desa saya kurang lebih 200 Ha, cukup luas untuk wilayah pedesaan.
  2. Di desa saya hanya ada 3 traktor yang disewakan (beda pemilik). 3 traktor itu umurnya sudah tua dan performanya kurang bagus. Kecepatan traktor membajak sawah hanya 0.5 Ha per 2 hari. berarti dari segi kuantitas, jumlah traktor yang disewakan kurang.
  3. Ada dua orang operator yang bersedia menjalankan traktor apabila traktor nya baru. dua orang ini sudah mempunyai nama sebagai operator traktor handal di desa saya. dia berhenti dari salah satu persewaan traktor tua setahun lalu dikarenakan banyak sebab.
  4. Upah membajak sawah seluas 0.5 Ha adalah 250 ribu sampai 350 ribu. tergantung keras tidaknya tanah.
  5. Jika diasumsikan traktor bisa mengerjakan 50 Ha sawah setiap tahun nya, maka pendapatan kotor satu tahun adalah 30.000.000, upah operator adalah 33% berarti 10.000.000 dan biaya operasional plus  maintenance traktor adalah 33% berarti10.000.000. sehingga dalam satu tahun PENDAPATAN BERSIH bisa mencapai 10.000.000,-
  6. sedangkan harga traktor tangan merk Quick G1000 adalah 17.000.000, dan  nilai traktor (susut) setelah satu tahun adalah 12.000.000, berarti bisnis ini akan mengalami BEP dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Hmm menggiurkan juga.

Akhirnya kami memutuskan untuk membeli traktor tangan tersebut. Saya berperan sebagai pencari dana, adik yang membeli traktor dan bapak yang mengontak dua orang (calon) operator traktor tadi. Alhamdulillah, setelah utang sana sini (tanpa bunga) saya bisa mengumpulkan uang untuk membeli traktor, adik pun membeli traktor dengan best price (saya tahu keahliannya di bidang mesin) dan bapak sukses mengontrak operator traktornya. Rencana berjalan mulus, sekarang kami punya persewaan traktor tangan, punya income yang lumayan meskipun hanya terjadi pada musim tanam dan juga bisa membuka lapangan kerja buat orang lain.

Realita penghasilan bersih yang kami dapatkan adalah 6.000.000 (akumulasi selama 4 bulan traktor beroperasi). Angka tersebut sudah cukup besar, dan BEP dari bisnis sewa traktor ini sudah terlampaui.

beberapa kendala dalam persewaan traktor tangan yang kami jalankan ini adalah ketergantungan operasi traktor dengan operator nya sehingga besar kecil nya income tergantung pada operator. jika operator sakit atau ada keperluan, maka otomatis traktor tidak operasi. oleh karena itu harus pandai-pandai mencari operator yang jujur amanah sakinah mawaddah wa rahmah.. (apa sih :D)

Ada yang mau mencoba merambah bisnis sewa traktor ini??? harga traktor sama dengan harga Yamaha Jupiter MX, jika Jupiter MX ini digunakan ngojek, saya rasa tidak akan mendapat 6.000.000 dalam 4 bulan dan juga tidak bisa membuka lapangan kerja buat orang lain… hehehe

Langsung aja ini penampakan nya (update tgl 21 Mei 2012)

Traktor Tangan

Diesel Kubota, (dulu belinya bekas kondisi 90%)

Operator Setoran Uang Sewa🙂

 

semoga bermanfaat bagi yang membaca..

42 thoughts on “Bisnis Jasa Membajak Sawah dengan Traktor Tangan Quick G1000

  1. Tq mas bro… insya allah minggu” ini, saya ikut bisnis traktor ini, mohon do’a nya tq atas info yg bermanfaat ini, makin sehat n sukses sob… tq Joel kuningan

  2. 6 juta dalam 4 bulan itu sudah bersih kepotong solar sm tenaga kerjanya ta mas,dari dulu saya tertarik beli traktor,karena daerah saya penyewaan traktor sangat minim.tolong share ya makasih…

    • Iya bener. itu sudah bersih.

      itung-itung an mudah seperti ini, selama 4 bulan, traktor menggarap kurang lebih 60 petak sawah. (biasanya satu petak dikerjakan 1-2 hari, tergantung jenis tanah). dianggap uang jasa sewa rata-rata per petak sawah 300ribu. Jadi uang kotor masuk 18 juta.
      1/3 untuk gaji operator, 1/3 untuk operasional dan maintenance, 1/3 keuntungan kita.

      kalau traktor baru, biasanya maintenance nya tidak besar, jadi kelebihan uang maintenance bisa kita ambil.

      Cuma sekarang, sudah tidak musim tanam tapi musim panen, jadi traktor nya dikandangin lagi. Nanti operasi lagi mungkin bulan september-oktober, nunggu musim tanam lagi.

      kira-kira begitu.

      Insya Alloh, menguntungkan kok.

  3. Saya mau jual Tracktor Quik G 1000 komplit + 2 roda besi tapak lebar saya berikut mesin perontok padi dan trailer. Kalau minat Hub Saya di 0878 -70000183.

    • Intinya mas bro, cari orang yang tepat untuk jadi operator tuh traktor..
      traktor ane masih kinyiss kinyiss setelah pake setahun.
      Bulan depan mulai action lagi tuh traktor, dah mulai musim tanam pertama..🙂

      Mugo-mugo berkah bisnis traktor e

  4. Trimakasih atsa artikel yg anda tulis, sangat bermanfaat skali buat saya, yg saat ini memang punya rencana dalam bisnis ini, tapi saya masih mencari informasi tentang harga traktor quik zena karena mnurut saya jauh lebih cepat jam operasinya dari traktor G1000 yg anda miliki. saya juga setuju dgn pendapat anda bahwa seorang operator yg jujur dan pengalaman sngat berpengaruh terhadap penghasilan dan kelangsungan dari bisnis ini pula. Terimakasih..

  5. saya ingin membeli traktor tipe G1000 boxer kubota RD 85 DI-25, sejumlah 26 unit tapi dengan harga 17.000.000 , ada yg bisa kasih info nya gak ? terimakasih hub anshori 081315031005

    • bisa boss.. itu ane juga beli rakitan kok. terpisah antara mesin ama traktornya sendiri. kalau harga mesinnya sesuai dengan kondisi mesin bos.
      saran ane, ajak orang yang ngerti mesin waktu nyari mesin second ya..🙂

    • bisa bos.. itu paket terpisah kok. cuman sesuaikan dengan spek mesin sama traktornya, jangan sampai beli mesin yang dayanya tidak sama dengan spesifikasi daya traktor itu sendiri.. kalau spek mesin dayanya lebih kecil dibanding traktor, mengakibatkan mesin cepat rusak dan performa traktor tidak optimal. kalau spek mesinnya kebesaran, sayang harganya kan mahal..

  6. ya 200h pnya peluang yg bgus sangt bgus buat yg tau peluang tsbt…bisnis jasa olah tanh sawah kususny untuk padi hruslah pnya keahlian kusus dari cara membajak,penggaruan dan finising(trgantung tipe tanh)traktor yang tangguh ,operator yang bsa kerja tepat waktu(bisa menargetkan luas lhn yg hrs selesai 1hri,)di tempat saya ngawi jawa timur upah untuk 1h 1jt kbnykan luas mlik ptani 7500m2 dlm 1 musim tanam 1operator mampu mendaptkan 22h dalm 15hari..tipe tanh jg mempengaruhi hasil kerja.

  7. Mas, saya tertarik sama bisnis ini. Dirumah mertua saya, sawahnya masih sangat luas. Ada beberapa pertanyaan yg saya masih pertimbangkan.
    1. Nilai Penyusutan/habis masa pakai traktor ini rata2 berapa tahun ya?
    2. Rata2 harga sewa sekarang berapa ya?
    3. Sistem setorannya enaknya yang model bgmn, apakah setor harian? Per sekali sewa? Atau bgmn?
    Maaf jika terlalu banyak tanya….daripada saya sesat dijalan….[;D]

    • saya coba jawab
      1. nilai susut traktor tergantung pemakaian dan perawatan mas. semakin sering dipakai, semakin cepat susutnya. dan semakin bagus perawatan semakin naik nilainya. pengalaman saya, saya beli traktor dulu 16 juta, karena dirawat dengan bagus nilainya masih berkisar 12-15 juta (setelah 3 tahun)
      2. harga sewa tergantung daerah, lebih baik sounding dulu di daerah mas kuntoro
      3. sistem setoran lebih baik setiap traktor itu disewa dan luas yang dibajak berapa. semakin sering traktor beroperasi dan semakin luas sawah yang dibajak, semakin besar penghasilan.

      semoga membantu

Tinggalkan Balasan

