Perbanyak Mengingat Pemutus Kelezatan

Bismillah,

“dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya” (QS Qaaf : 19)

Mari merenungkan ayat Al quran ini, bahwasanya akan datang sesuatu yang PASTI pada diri kita meskipun kita lari darinya, bersembunyi dibalik tembok yang tebal dan kokoh pun dia akan datang menghampiri kita. MAUT pasti mendatangi tiap yang bernyawa di dunia ini ( QS Anbiya 35). Kematian adalah musibah yang besar bagi manusia karena ketika maut sudah menjemput telah ditutup pintu taubat bagi kita. tapi saudaraku tahukah anda, ada musibah yang lebih besar dari kematian yaitu LUPA terhadap kematian.

Rasul bersabda dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

أَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذمِ اللَّذَّاتِ

“Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (yakni kematian).”

(HR. At-Tirmidzi no. 2307, An-Nasa`i no. 1824, Ibnu Majah no. 4258. Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata tentang hadits ini, “Hasan shahih.”)

Imam Ad Daqqa berkata 3 hal yang akan menimpa hamba jika lupa terhadap kematian

1. Menunda nunda taubat

2. Malas beribadah

3. Hati yang tidak qanaah

ketika seseorang sudah melupakan sakitnya sakaratul maut, dahsyatnya fitnah kubur, qiyamat, shirot maka hati orang tersebut akan keras seperti batu atau bahkan lebih keras lagi.

mari lihat diri kita.. kenapa kita malas beribadah?? kenapa hati tidak qanaah?? kenapa setiap membaca Al quran hati tidak tersentuh?? kenapa kematian datang silih berganti dan kita tidak mengambil ibroh?? sedemikian keras kah hati kita ???

saudara ku, mari kita obati hati kita yang keras ini dengan memperbanyak dzikrulloh, tadabbur Al quran, duduk bersama orang-orang berilmu dan bertaqwa..

semoga Alloh mengkarunia i kita hati yang lembut, hati yang memancarkan keimanan, hati yang selalu berpaling untuk taat kepada Nya

“yaa mushorrifal quluub, shorrif quluubana ‘alaa tho’atiik”

tulisan ini adalah catatan saya setelah mendengar kajian ustadz abu zubair al hawaary dengan tema pemutus kelezatan. Untuk mendapat file mp3 nya silahkan download disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s