Dampak Kerja Shift Bagi Kesehatan

Bismillahir rohman iir rohiim

Karena kesehatan adalah salah satu nikmat dari Alloh yang sangat berharga, maka kesehatan ini harus dijaga dan disyukuri. Untuk menjaga kesehatan, maka saya harus mengetahui hal-hal yang bisa berdampak terhadap kesehatan saya seperti waktu kerja saya yang masuk shift dan berada di ruangan tertutup yang dingin (bersuhu 18 C). Setelah browsing-browsing internet berikut informasi yang bisa saya himpun terkait dengan efek kerja shift (teruama shift malam) terhadap kesehatan.

—–

Orang yang kerja shift malam atau bekerja hingga larut malam sering menderita insomnia. Bekerja di malam hari tentu saja membuat tubuh stres, karena secara biologis tubuh dirancang untuk menjadi aktif pada siang hari dan istirahat di malam hari. Cara tubuh berfungsi dan jenis hormon yang diproduksi bervariasi tergantung apakah orang tidur atau terjaga. Jika jadwal tidur Anda keluar jalur, maka dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) yang normal dan tubuh menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang akhirnya akan mengarah pada insomnia dan masalah kesehatan lainnya..

—–

masalah kesehatan lain nya ???? waduh ngeri juga nih.  kira-kira apa saja masalh kesehatan lain nya itu??

Sebuah penelitian terbaru dari WHO telah menyatakan bahwa jam kerja larut malam juga dapat memperbesar peluang terserang kanker. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata penderita kanker prostat dan kanker payudara adalah orang yang berkerja hingga larut malam.

Meskipun belum ada bukti kuat, namun kerja hingga larut malam sangat berbahaya. Tidak hanya merusak ritme jantung, tapi juga fungsi biologis tubuh. Hormon melatonin yang menjadi pendorong bagi perkembangan tumor, umumnya diproduksi pada malam hari. Orang yang bekerja pada malam hari sering membuat pola hidup seseorang terganggu. Selain itu, serangan insomnia secara teori juga dapat meningkatkan risiko terserang kanker.

Tak hanya itu, sistem penerangan saat bekerja di malam hari juga diyakini menjadi salah satu penyebab kanker. Hal ini karena cahaya lampu ternyata mengeluarkan melatonin yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker. Selama ini diketahui sinar lampu dan sisa hasil pembakaran menjadi faktor yang mempermudah seseorang terserang kanker.

“Shift malam tentu akan membuat orang berusaha terjaga pada saat bekerja. Hal itulah yang membuat orang tidak cukup tidur, sehingga sistem kekebalan tubuh mudah diserang dan kehilangan kekuatan untuk menangkal sel-sel kanker yang mengancam,” ujar Mark Rea, Direktur Light Research Center di Rensselaer Polytechnic Institute New York.

Selain rasa kantuk dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, orang yang bekerja shift malam cenderung berisiko terkena penyakit usus kronis dan jantung, dan telah terbukti lebih tinggi kemungkinan menderita beberapa jenis kanker. Organisasi Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/ WHO) telah menggolongkan shift kerja sebagai penyebab kanker.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Andrew D. Krystal, MS dari Departemen Psikiatri di Duke University School of Medicine, Durham, USA mengatakan ada beberapa kondisi yang terkait dengan kondisi kesulitan tidur pada pasien yang mengalami gangguan tidur terkait shift kerja.

——

Tulisan ini sebagai wawasan agar kita (terlutama saya) agar menjaga kesehatan dan mengenali sebab-akibat dari respon tubuh kita. Saya bekerja masuk shift dengan pola 2 kali pagi, 2 kali siang, 2 kali Malam lalu libur 3 hari. Beberapa resume dari browsing diatas sudah saya rasakan seperti susah tidur di pagi hari ketika shift malam dan ngantuk di malam hari nya meskipun ada waktu untuk tidur pada malam harinya selama 3 jam (shift malam berlangsung dari pukul 21.00 s.d 08.00). Beberapa teman juga ada yang mengalami gangguan pencernaan. jadi (mungkin) ada benarnya resume diatas.

Mari menjaga kesehatan kita dengan pola hidup yang benar, pola makan yang tepat dan olahraga teratur. Jangan tunggu sakit datang..

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Alloohumma innii as alukal hudaa wattuqoo wal ‘afaafa wal ghinaa

”Ya Allah ! Sesungguhnya aku memohon petunjuk, ketaqwaan, kesehatan dan kekayaan.”

sumber :

http://rsudbdh.com/index.php/posting/57

http://www.ilmukesehatan.com/305/dampak-dan-tips-kerja-malam.html

http://lifestyle.okezone.com/read/2011/05/16/195/457452/ancaman-kesehatan-di-balik-kerja-malam

http://health.detik.com/read/2012/01/16/105808/1816297/775/gangguan-tidur-akibat-shift-kerja

http://nasional.kompas.com/read/2012/02/01/09203965/Gangguan.Ingatan.akibat.Kurang.Tidur

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s